Asap Pabrik Meresahkan Warga


Wasiatriau.com –  Perusahan refeneri yang ada diareal pelindo I Cabang dumai acap memuntahkan asap tebal.membuat warga resah.pasalnya diduga muntahan asap tebal jatuh diatas atap rumah warga.

Pantauan awak media dilokasi, dari kejauhan terlihat jelas dari salah satu refeneri mengeluarkan  asap hitam pekat mengepul menjulang tinggi naik keudara,

Kerisauan warga terhadap pabrik refeneri yang sering memuntahkan asap hitam gelap disampaikan Salah seorang warga  kelurahan buluh kasap, Tumbur mengatakan, Durasi muntahan asap hitam tersebut,  hampir setiap hari keluar, namun belum dapat diprediksi berapa kali durasi residu keluar dalam sehari. namun asap hitam yang keluar tentu berdanpak pada kesehatan masyarakat lingkungan.  Ujar Tumbur.

Asap hitam yang dimuntahkan pabrik melayang di udara, namun partikel partikel residu tersebur diduga turun kembali kebawah  menyebar di lingkungan rumah warga. Katanya

Salah satu contoh, imbuh beliau lagi, debu tebal senantiasa melekat diatas atap rumah warga. Terang beliau mencontohkan.

” Sehingga air tadah hujan menjadi kotor berwarna hitam campur debu, tentu  tidak bisa digunakan warga,”

Lanjut beliau lagi menerangkan, asap hitap pekat yang dikeluarkan dari pabrik seakan crobong pembuangan tersebut tidak berfilter,  jika ada filter sebagai penyaringnya,  tentu warna asap yang keluar tidak bewarna hitapm pekat. Kata tumbur.

Lanjut beliau lagi. ” Kami mengharap kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, supaya turun meneliti debu yang melekat diatas atap rumah warga.apakah debu tersebut hanya debu biasa atau debu sudah bercamour partikel partikel termasuk zat beracun yang terkandung dalam asap hitam tersebut. Harap tumbur.

Ini menyangkut kesehatan masyarakat, terutama warga yang berada dilingkungan pabrik, lanjut beluau, karena yang bersentuhan langsung dengan danpak limbah pabrik adalah warga yang berdomisili disekitar pabrik.Demikian kilah beliau sambil berlalu.( aba)