Nyepi 2 Bulan lagi, Pemuda Bali Buat Ogoh-Ogoh

Nyepi 2 bulan lagi, pemuda di Bali sudah sibuk buat ogoh-ogohWasiatriau.com- Bali //** Kendati perayaan Nyepi di Bali jatuh pada Maret nanti, sejumlah pemuda di masing-masing banjar di berbagai desa sudah mulai terlihat sibuk membuat rangka untuk ogoh-ogoh.
Seperti yang terlihat di Banjar Kertalangu, Kesiman Denpasar Timur. Pemuda di banjar ini mengaku sudah mulai merancang ogoh-ogoh yang dibuatnya sejak 1 minggu lalu.


Kendati belum ada dana dari pemerintah, pemuda di banjar ini memgambil inisiatif suwadaya masing-masing pemuda untuk bisa mewujudkan kreasi bentuk ogoh-ogoh yang dibuat.

“Terpenting bagi kami kreativitas dari pemuda bisa diberikan ruang. Kita ambil bahan-bahan dari swadaya kita sendiri,” kata Komang Wir, salah satu perangcang ogoh-ogoh di banjar Kertalangu, Sabtu (28/1). dilansir dari ( merdeka.com )

Dia mengatakan, bentuk ogoh-ogoh yang dibuat adalah sosok penganut ilmu hitam yang sedang mengubah wujudnya menjadi Garuda atau di Bali disebut Ratu Paksi.

“Untuk bentuk total kita ambil dari bahan ulatan bambu. Kita lapisi dengan koran, perkiraan total 100 persen selesai 1 minggu sebelum acara pengerupukan,” ujarnya.

Untuk diketahui atraksi arak arakan ogoh-ogoh merupan tradisi hiburan kemeriahan bagi muda mudi yang digelar sehari sebelum hari Nyepi.

Pada hari ini semua warga tumpah ruah melaksanakan kegiatan upacara pengerupukan atau pembersihan alam bhuana Agung dan bhuana Alit.

Tujuannya agar saat pelaksanaan Nyepi bisa berjalan tenang tanpa kebisingan dan tanpa keluar rumah melaksanakan Tapa Berata Penyepian. ( merdeka.com )

Nilai nilai yang terkandung didalamnya dapat dijadikan pembelajaran bagi generasi muda, agar selalu menanamkan rasa mencintai dan melesarikan nilai nilai kearifan lokal, (aba)