Usia 90 Tahun, Fidel Castro Meninggal


Wasiatriau.com – Siapa yang tak kenal dengan Fidel Castro, Seorang kakek yang tangguh, lahir pada tahun 1926 di havana, kuba, beliau adalah Mantan pemimpin Kuba yang cukup terkenal terutama dibelahan dunia Amerika dan Eropa.

Beliau memimpin Negara Kuba selama 50 tahun, mulai dari tahun 1959 sampai tahun 2008, kekuasaan itu beliau rebut ditangan presiden Fulgencio Batista, beliau merebut kekuasaan bersama dengan saudaranya Raul Castro dan Che Guevara.

Fidel Castro dan Raul Castro bersama Che Guevara, dimasa muda tokoh tersebut membangun kekuatan besar, mereka telah berjuang bersama sama menjatuhkan pemerintahan, soliditas yang dibangun kelompok pejuang saat itu, akhirnya mereka berhasil menggulingkan pemerintahan presiden Fulgencio Batista.

Fidel Castro memerintah Kuba dibawah sistem kediktatoran komunis sejak tahun 1959. kemudian pemerintahan Kuba diserahkan kepada saudara beliau Raul Castro pada tahun 2008, karena kondisi kesehatan beliau tidak memungkinkan memerintah negara komunis itu lagi.

Dalam usia 90 tahun, beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Havana, kabar  mangkatnya mantan presiden Kuba tersebut diumumkan oleh televisi kuba dan berbagai siaran dunia lainya.

Menurut riwayat hidupnya, kisah tentang sekilas jejak rekam perjuangan beliau dikutip dari BBC.com, Fidel Castro pada tahun 1953 pernah dipenjara setelah gagal melakukan kudeta terhadap rezim Batista, lalu pada tahun 1955, beliau bebas dari penjara setelah adanya kesepakatan pengampunan.

Masih kisah perjuangan beliau, Pada tahun 1956, bersama Che Guevara, memulai perang grilya melawan pemerintahan pimpinan presiden Batista, akhirnya pada tahun 1959, Fidel Castro berhasil menggulingkan Pemerintahan Batista dan dilantik sebagai Perdana Mentri Kuba.Pada tahun 1961, Terjadi Invasi teluk babi yang didukung CIA, namun gagal menggulingkan Fidel Castro. dan kemudian pada tahun 1962, buntut dari kegagalan tersebut, Uni Soviet menempatkan rudal di Kuba, sebagai buntut perang dingin dengan Amerika Serikat.

Kisah perjuangan beliau yang sangat panjang, Fidel Castro dipilih menjadi Presiden oleh Majelis Nasional Kuba pada tahun 1976 dan dalam perundingan dengan Amerika Serikat tentang pengungsian, telah mencapai kesepakatan pada tahun 1992 dan akhirnya Fidel Castro pada tahun 2008, menyerahkan kekuasaan kepada Raul Castro karena kondisi kesehatan. (aba).