7 Benda Bersejarah Koleksi Museum Sang Nila Utama Raib


Wasiatriau.com *Pekanbaru – Barang antik yang bernilai sejarah memang selalu diincar orang yang tak bertanggung jawab. jika penjagaanya kurang waspada maka benda tersebut akan lenyap di gasak maling. Pasalnya barang bersejarah tersebut bernilai tinggi.
Berdasarkan kutipan revolusi.co.id. Sebanyak 7 koleksi barang antik yang berada di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru mendadak hilang secara misterius pada 13 Maret 2017 pekan lalu.
Tujuh benda koleksi yang hilang tersebut terdiri dari tiga keris melayu, satu pedang melayu sondang, satu piring seladon emas, satu kendi VOC dan satu kendi janggut.

 

Hilangnya ketujuh benda koleksi di museum megah yang berada di Jalan Jenderal Sudirman itu sendiri diketahui pertama kali oleh Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Museum Sang Nila Utama saat melakukan pengecekan di gudang museum. Hasilnya, dari 119 benda koleksi yang berada di museum, 7 diantaranya hilang secara misterius.

“Peristiwa hilangnya tujuh benda antik di Museum Sang Nila Utama tersebut sudah dilaporkan oleh pihak museum ke kita. Kita masih menyelidikinya,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru, Kompol Bimo Ariyanto kepada riauterkini.com, Selasa (21/03/17).

Bimo menambahkan, atas kejadian itu pihak museum juga harus menelan kerugian mencapai Rp54 juta.

“Petugas kebersihan di TKP juga pernah melihat sebuah keris melayu yang diletakkan di lemari pajangan museum hilang secara misterius. Diduga, barang-barang antik yang hilang tersebut telah dicuri,” Ujarnya.

Dilain sisi, masih berita yang sama, salah satu tokoh masyarakat melayu Dumai yang tak mau disebutkan namanya, menyayangkan atas kehilangan benda bersejarah tersebut. karena benda yang berinai sejarah tersebut merupakan aset budaya daerah Riau yang harus dijaga, diharapkan ketujuh benda bersejarah tersebut dapat ditemukan kembali. Demikian harap belia mengakhari. (aba) ****.