Ir.H.Amir Usulkan, Nama Bandara Bernilai Sejarah


Wasiatriau.com – Ir.H.Amir Ahmad, salah satu tokoh masyarakat Dumai, mengusulkan nama bandara pinang kampai dirobah dengan nama yang bernilai sejarah Riau. Demikian kata beliau melalui sambungan selulernya. (13/3).kemarin.

Menurut keterangan Mantan Sekretaris DPH LAMRD Dumai tersebut. Nama bandara pinang kampai tidak bernilai sejarah, kalaupun ada hanya sebatas sebutan lokal, sementra bandara tersebut merupakan sarana akses tranportasi nasional dan suatu saat bisa ditingkatkan menjadi jalur penerbangan internasional. Ujarnya.

Dalam penjelasanya melalui telpon seluler mengatakan, bahwa beliau sudah melayangkan surat usulan ke Pemerintah Daerah, LAMRD Kota Dumai, tentang usulan perobahan nama bandara tersebut diganti dengan nama bandara ” Sultan Abdul Jalil Rahmat Sayah “. Terang beliau.

Masih ucapan Tokoh Muda itu lagi menceritakan tentang nama Raja tersebut. Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah adalah Raja pertama Siak, disebut juga Raja Kecik. Anak dari Sultan Mahmud yang dikenal dengan hikayat Sultan Mahmud Mangkat dijulang. Jelas H.Amir.

Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah merupakan Raja pertama yang mendirikan Kerajaan Siak, sehingga dimasa itu Kawasan Riau dalam martabat pergaulan Kerajaan cukup disegani bagi raja raja nusantara dan Kerajaan Siak juga dikenal di mata masyarakat Dunia hingga hari ini. Katanya.

Sementara nama Sultan Abdul Jalil Rahmat, Imbuhnya lagi menjelaskan. pernah menjadi Sultan di Johor Baharu Malaysia selama lima tahun. Beliau menakluk Negeri Johor dibantu oleh Masyarakat Bengkalis dan Jambi. Ujarnya kisah singkat tentang Raja Kecik.

Beliau berharap, nama Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah agar dapat di tetapkan menjadi nama bandara Kota Dumai, karena Sultan merupakan seorang tokoh besar pendiri kerajaan Siak dan menjadi Sultan pertama Kerajaan Siak. Sementara Kota Dumai saat itu merupakan wilayah takluk kekuasaan Kerajaan Siak. Demikian Katanya mengakhiri. (aba)….