Kesepakatan Perusahan IBP Terkesan Aneh


Wasiatriau.com – Berbagai cara perusahan mengadakan pendekatan pada Warga, seperti salah satu dari perusahan swasta  yang beroperasi dikawasan industri lubuk gaung.

Namun cara pendekatan perusahan tersebut terkesan aneh yang dapat menimbulkan kecurigaan warga Pasalnya bunyi kesepatan tersebut, terutama objek dan jaminan keseakatan dianggap tidak singkron dengan para pihak antara perusahan dan masyarakat.

Menurut Nur, salah satu warga yang diundang dalam rapat kesepakatan bersama tersebut beliau menduga kesepakatan tersebut melanggar aturan. Pasalnya  objek kesepakatan dan jaminan warga menggunakan jalan. Sementara tanah jalan Alah Air merupakan tanah milik pemerintah kota Dumai. Terangnya

Beliau mempertanyakan keabsahan kesepakatan tersebut. Jalan Alah Air adalah aset daerah bukan aset perusahan, kenapa harus dibuat kesepakatan, makanya saya kritik kesepakatan tersebut karena saya anggap perusahan telah menyalahi aturan.” Saya tidak mau ikut pada aturan yang salah ”  Ujarnya.

Menurut pengakuan beliau, gara gara beliau tidak setuju dengan bunyi kesepakatan tersebut,  Sempat diancam salah seorang dengan kata -kata kasar., namun beliau tidak mau menyebutkan namanya, hanya saja jika terjadi apa apa pada beliau, tentu pihak perusahanlah yang harus bertanggung jawab. Karena ancaman ini berawal dari kritikan beliau tentang kesepakatan bersama tersebut. Ujarnya tegas dengan intonasi suara datar dan jelas didepan Humas IBP.

Masih ucapan beliau mengatakan, oleh karena beliau tidak setuju dengan hasil kesepakatan tersebut maka nama beliau tidak dilibatkan lagi untuk tanda tangan, sementara imbuh beliau lagi, berkas kesepakan juga sudah diganti  Namun pengakuan beliau, isi kesepakatanya tetap sama. Hanya nama beliau yang tidak di cantumkan.Ujarnya. sambil menunjukan bnamanya ada dalam berkas kesepakatan awal.

Sebenarnya beliau mau meluruskan persoalan tersebut. Bukan untuk menghambat pembangunan, tapi tidak ada tempat beliau berdiskusi, makanya beliau ke kantor ICW Dumai untuk mediskusikan kesepakatan tersebut. ” karena belum tentu anggapan saya ini benar atau salah, makanya saya minta pendapat yang lain” , Demikian alasan Nur mendatangi kantor ICW.

Masih berita yang sama, ketika ditanya awak media, Humas IBP membenarkan adanya kesepakatan bersama pihak perusahan dengan masyatakat, namunn tanah jalan tersebut belum dibebaskan. oleh Pihak perusahan. Terang beliau.

Pihak perusahan telah mengajukan usulan rencana untuk membebaskan tanah jalan tersebut dan melalui tim mereka sudah mendata tanah tersebut, Makanya mereka membuat kesepakatan agar nantinya dapat saling memahami. ” kita tidak akan memagar akses jalan Alah Air, terkecuali warga disekitar jalan tersebut sudah pindah ketempat lain. Demikian penjelasan beliau saat diminta konfirmasinya tentang kesepatan bersama di ruang rapat kantor korda ICW Dumai.

Bunyi KesepakatanAwal sbb :

Berdasarkan Kutipan kesepakatan, pihak pertama adalah Perusahan IBP. Pihak kedua adalah Masyarakat diwakili Ketua RT.003, IR dan Nur warga RT.003  dan Ketua LKMD Kelurahan Lubuk Gaung.

Pihak pertama dan pihsk kedua secara berturut tutut disebut :

Para pihak telah sepakat untuk membuat kesepakatan bersama nengenai menggunakan jalan Alih Air RT.003 Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan ( selanjut disebut Jalan ), secara bersama sama antara PT.IBP dengan warga masyarakat menggunakan syarat syarat dan ketentuan – ketentuan sebagai berikut  :

  1. Objek kesepakatan :

Tanah jalan Alah Air RT.003 kelurahan lubuk gaung, yang masih digunakan oleh masyarakat adalah seluas 4,25 m x 43 m = 282,75 m2

2. Jaminan ;

a. Pihak pertama  menjamin pihak kedua, bahwa pihak pertama tidak akan melakukan pemagaran atau pemblokiran terhadap jalan tersebut.

b. Pihak pertama menjamin bahwa jalan dapat dipergunakan masyarakat selama masih menggunakan jalan tersebut.

c. Para pihak dengan ini menjamin satu sama lsin akan selalu rukun dan mengedepankan musyawarah mufakat dan kerja sama yang saling menguntungkan agar para pihak dalam kesrpakatan bersama ini perihal menggunakan jalan.

Demikian kesepatan ini dibuat dan ditanda tangani oleh para pihak yang berwenang. Masing-masing bermatrai dan mempunyai kekuatan hukum yang sama untuk masing – masing pihak.

Lubuk gaung. 23 januari 2017.

Ditanda tsngi para pihsk. Pihak pertama PT.IBP dan pihak kedua Ketua RT 003. dan Ketua LPMK Lubuk Gaung. Mengetahui camat sungai sembilan dan lursh Lubuk gaung. ( aba )*****