Perda Jumat Berbudaya Akan Berlaku di Dumai


Wasiatriau. Com – Ketua Komisi III, Hasrizal mengharapkan Perda Jumat Berbudaya harus disosialisasikan. Demikian kata beliau (8/3) di dumai.

Peraturan Daerah tentang aturan   jumat berbudaya yang diusulkan oleh Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai kepada Dewan sudah di sah kan DPRD Kota Dumai menjadi Perda. Ujar Hasrizal.

Lanjut Ketua Komisi III tersebut. Disaat pembahasan Perda tersebut. Rombongan komisi III melakukan studi banding ke Bandung. Karena disana adat istiadat, budaya lokal sangat dihargai. Ujarnya.

Mereka membuat krikulum muatan lokal di sekolah sekolah. Pada jam tertentu ada mata pelajaran Bahasa Daerah  yang diajarkan guru pada anak sekolah. Tetangnya.

Masih ucapan beliau lagi. Kita sudah serahkan Perda tersebut kepada Lembaga Adat Melayu (LAMR)  Dumai sebagai payung Negeri untuk mebsosialisasikan Perda Masyarakat Dumai. Sehingga nantinya, Masyarajat Dumai pada hari jumat wajib berpakaian Melayu dan berbahasa melayu. meskipun logatnya bagi suku lain tidak persis sama dengan logat melayu dumai tapi mereka harus berbahasa melayu pada hari jumat. Demikian terang beliau.

Ditempat terpisah, ketika awak media mengkonfirmasi Sekretaris DPH LAMRD Kota Dumai, Datuk Syahrudin mengatakan. Perda tersebut sudah diajukan ke Propinsi Riau melalui Ka Biro Hukum. Untuk dicantumkan regestrasi nomor perda. Insya Allah Dalam waktu dekat registrasi nomor  Perda tersebuti akan selesai. Terang Datuk Syahrudin.

Masih ucapan Datuk Syahrudin lagi menjelaskan.Perda tersebut Tentang ” Pemartabatan Jati Diri Melayu. ” Salah satu nya, imbuh beliau.tentang Jumat berbudaya, artinya setiap hari jumat warga masyarakat Dumai dimilai dari LAMRD Kota Dumai, Instansi Pemerintah dan lain lainya diwajibkan berpakaian melayu dan begitu juga Masyarakat Dumai, wajib menggunakan Bahasa Melayu. Demikian kata beliau mengakhiri..**  ( aba)