PT.PGN Sosialisasi Gas Bumi di Kelurahan STDI

 Acara Sosialisasi Gas Bumi di Kelurahan STDI Dumai Barat.Sabtu (18/3)
Wasiatriau.comPT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk gencar lakukan sosialisasi tentang manfaat gas bumi. setelah dengan wartawan Kota Dumai beberapa waktu lalu di ruang Media Center, kali ini perusahan tersebut mengadakan acara dengan masyarakat Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan ( STDI ) sabutu ( 18/3) di kelurahan STDI.
Dalam acara sosialisasi tersebut turut hadir, Camat Dumai Barat Zulpahren,Lurah STDI Wahyu Wicaksono, Lurah Pangkalan Sesai Gazali, Kapolsek Dumai Barat, Humas PGN Nesa Arta dan rombongan personalia perusahan, Perwakilan Dinas PU Kota Dumai, RT se Kelurahan STDI dan Pangkalan Sesai, Tokoh Masyarakat, LPMK beserta Undangan.
Proyek pemasangan pipa gas bumi memang awalnya menimbulkan polemik ditengah masyarakat. pasalnya ketika masyarakat mendengar tentang gas langsung troma, apalagi pemasangan pipa gas melintasi  pemukiman warga. karena sering mendengan kabar lewat berita TV dan media masa, kejadian pipa gas meledak, telah banyak menelan korban jiwa serta kerugian harta benda warga.
Dikarenakan  informasi tentang gas bumi belum sampai ke tengah masyarakat, sehingga warga masyarakat langsung mengkleim bahaya gas tersebut. namun setelah diadakan sosialisasi.  keraguan masyarakat selama ini mulai reda kembali. malah setelah Eka Aris Setiawan, managemen PT.PGN menerangkan. Pemakaian gas bumi sebagai sumber energi bagi konsumsi rumah tangga dinilai lebih aman dibandingkan dengan pemakaian LPG (Liquefeid Petroleum Gas) sontak disambut baik masyarakat Dumai. mereka berharap pemasangan pipa segera rapung agar dapat digunakan masyarakat.
Eka Aris Setiawan mengatakan bahwa tekanan gas bumi jauh lebih rendah dibandingkan dengan tekanan yang dimiliki tabung LPG sehingga lebih aman dari bahaya ledakan yang dapat menimbulkan kebakaran.
“Tekanannya cuma 0,2 bar, kalau LPG 5-7 bar. Jika terjadi kebocoran, gas bumi langsung larut diudara sedangkan LPG bias mengakibatkan ledakan dan kebakaran,” ujar Eka dihadapan ratusan warga Kelurahan STDI. kutipan revolusi.co.id.
Lanjutnya, jika ada kebocoran, pipa dapat segera ditanganai dengan cepat oleh petugas sebelum menyebabkan musibah. Pemakaian gas bumi juga lebih praktis dan efisien dan bisa menghemat pengeluaran hingga 60 persen dibandingkan dengan pemakaian LPG.
“Saat ini progres fisik diperkirakan sudah mencapai 12 persen dan pipa yang terpasang 4 Kilometer. Jaringan distribusi Dumai ditargetkan beroperasi pada Juni 2018 mendatang,” terangnya.
Untuk itu Camat Dumai Barat Zulpahren berharap masyarakat Kota Dumai kususnya masyarakat di Kecamatan Dumai Barat mendukung pemasangan pipa gas bumi di Kota Dumai agar segera rampung.
“Saya berharap masyarakat Kota Dumai kususnya masyarakat di Kecamatan Dumai Barat mendukung pemasangan pipa gas bumi di Kota Dumai agar segera rampung. Selain untuk kebutuhan industry, gas bumi juga diperuntukkan bagi masyarakat seperti rumah tangga, restoran, hotel, UMKM dan UKM,” Harapan Camat. ( aba ) ****.