PT. PGN Sudah Kantongi Izin

Exif_JPEG_420

Wasiatriau. Com –  Pemerintah Kota Dumai melalui Humas Pemko Dumai mengatakan PT.PGN (Persero) Tbk, sudah mengantongi izin. Demikian keterangan Riski Kurniawan (2/3). saat konfrensi pers di hotel confort Dumai.

Dalam konprensi pers tersebut, Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal ( BPTPM ) Hendri menjelaskan, bahwa PT.PGN sudah melaksanakan syarat yang dibutuhkan. Malah perusahan Gas Negara tersebut sudah melakukan survey dan pendataan aset bersama Dinas PU. Ujar Hendri tokoh birokrasi muda itu.

Lanjut beliau, pada tahun 2015  pihak PT.PGN telah mendaftarkan sebagai syarat investasi mereka ke BPTPM dan perusahan tersebut juga telah melaporkan  investasi. Mereka juga telah melakukan koordinasi dengan instansi teknis terkait, seperti Dinas Bappeko, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas PU dan Tata Kota, karena terkait dengan wilayah yang dilalui pipa gas, sementara disitu ada juga investasi daerah yang harus diselamatkan. Ujar nya.

Masih ucapanya menambahkan. Perusahan yang berinvestasi di kota Dumai, dapat menambah PAD daerah serta secara langsung dapat menyerap lapangan tenaga kerja lokal. Jelas beluau.

Suara yang sama juga di ucapkan Humas, Riski Kurniawan. Bahwa pihak Perusahan Gas Negara telah mengantongi izin, MoU.No : 09/ DPN PTSP, 2017  serta Photo peta jalur pipa gas Duri – Dumai,  mereka sudah mengantongi Izin Prinsip,  No. 503/ BPTPM,  tanggal 21 Desember 2016. Demikian Ujar Riski.

Sementara pernyataan Pemko Dumai melalui Humas dan BPTPM tersebut sehari setelah berselang Legislatif mengundang PT. Gas Negar. DPRD meminta keterangan dari pihak perusahan tentang pekerjaan  proyek pembangunan pipa gas tersebut.

Polemik pipa gas PGN tersebut. berawal dari inisiatif komisi 3, turun ke lokasi memantau pekerjaan, oleh karena disaat itu pekerja di lapangan tidak ada yang dapat memberikan penjelasan, lalu rombongan dewan yang dipimpin ketua komisi 3, Hasrizal, langsung menggiring  persoalan tersebut keruang rapat terbuka di Dewan.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Dinas Bappeko, Bina Marga mewakili dinas PU. Sejumlah anggita Dewan serta disaksikan beberapa insan pers.

Rapat yang dipimpin   Zainal Abidin berjalan lancar, berbagai pertanyaan yang diajukan dewan terkait prores pekerjaan dan menanyakan tentang dokumen perusahan, setelah mereka mendengar penjelasan dari pihak perusahan dan instansi teknis pemko Dumai. Akhirnya anggota dewan tersebut mengambil sikap, masing – masing anggota dewan yang hadir memberikan tanggapan yang beragam. Ada yang mendukung dan ada juga dengan suara lantang menolak.

Akhirnya dengan diwakili 8 Fraksi Dewan menentukan sikap terbuka. Setelah dihitung oleh pimpinan rapat. Jumlah Suara Voting  berimbang,4:4 artinya 4 suara menyatakan sikap dukungan, setuju pekerjaan  proyek investasi gas yang sedang sedang berjalan  tetap dilanjutkan,  sambil menyiapkan jika ada syarat dan surat dukumen yang belum lengkap. Sementara 4 suara Fraksi lagi menolak. Agar pekerjaan tersebut untuk sementara waktu dihentikan dulu sebelum melengkapi syarat dan surat dokumen – dikumen yang diperlukan.

Disisi lain, ketika awak media wasiatriau.com menanyakan salah satu personil PT.PGN. kelengkapan dokumen, beliau menjelaskan bahwa mereka sudah melengkapi syarat syarat nya dan mereka juga telah. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kegiatan tersebut mereka lakukan di beberapa kantor camat yang ada di kota Dumai. Demkian kata Bapak paruh baya dan langsung diamini rekannya sambil menunjukan dukumentasi acara sosialisasi. (aba)