Panitia Mubes KMBD ke IV Telah Terbentuk


Wasiatriau.com – Komite Melayu Bersatu Dumai (KMBD) salah satu organisasi melayu yang didirikan oleh petinggi melayu dumai dimasa awal reformasi belasan tahun silam, mengadakan rapat untuk membentuk panitia Mubes ke IV,minggu (9/4) di gedung LAMR Dumai.Demikian pantauan awak media wasiatriau.com di tempat acara.

Pembentukan panitia Mubes IV tersebut berawal dari inisiatif beberapa tokoh muda melayu, melihat masa kepengurusan KMBD sudah berakhir. untuk mengoptimalkan roda organisasi anak melayu tersebut agar tetap eksis, maka para inisiator yang terdiri dari beberapa tokoh sentral dumai yang muda dan energik tersebut mulai merapatkan barisan kembali.

Ternyata keinginan untuk menghidupkan kembali organisasi bernuansa budaya orang melayu tersebut sontak disambut antusias oleh masyarakat melayu dumai. Kenapa tidak, berdasarkan pantauan awak media disaat rapat pembentukan panitia Mubes KMBD IV tersebut, dengan penuh semangat peserta rapat, banyak memberikan masukan dan saran pendapat, sehingga tercetuslah semangat baru untuk motivasi bagi anak melayu, menjadi tuan dinegeri sendiri, langsung disambut dengan suara serentak dan bergema, seluruh peserta rapat mengucapkan yel yel sambil mengepalkan tangan ” KMBD..Melayu!!, Melayu..Bangkit.!!!”.

Dalam acara tersebut turut hadir Plt Humas Pemko Dumai Riski Kurniawan, beberapa petinggi Organisasi berbasis melayu, seperti Amir H. Atan mantan ketua Barisan Muda Melayu Riau. Ismail Rah, Ketua Fordum Ir.M. Hasbi, Kep Nafi, Hisbullah Ambok dari pemuda melayu pesisir, serta Beberapa personil anggota pengurus LAMR Dumai, turut hadir juga dari beberapa utusan pemuda melayu dari kecamatan yang ada di Kota Dumai.

Meskipun suasana rapat terkesan alot, berbagai bidal dan kiasan saling sambut menyambut yang dilontarkan oleh peserta namun arah rapat tetap fokus pada pokok yang dibahas, tidak lepas dari alur dan patut sebagai simbol orang melayu yang berbudaya dan bermarwah. Akhirnya dengan cara musyawarah dan mufakat ala orang melayu. maka terbentuklah panitia Musda KMBD IV yang terdiri dari Ketua panitia Pengarah : Ir.M. Hasbi dan Sekretaris : Zamzibar, Anggota panitia pengarah :Joni Marzainur.SH. serta beberapa orang SC. Sementara Panitia Pelaksana terdiri dari Ketua M.Alkaf, Sekretaris : Ismail dam Bendahara : Ujang, utusan pemuda Lubuk Gaung serta seksi seksi yang disesuaikan kebutuhan mubes tersebut

Dalam kata sambutan ketua SC, Ir. M. Hasbi mengajak peserta rapat untuk berdoa mengenang jasa para arwah sebagai penggagas dan pendiri KMBD, ” Untuk mengenang jasa para arwah pendiri Komite Melayu bersatu Dumai ( KMBD), mari kita iringi doa dengan memfadiahkan Al- Fateha “. Demikian ajak hasbi, langsung peserta rapat menundukan kepala sambil membacakan ayat alfateha.

Rapat pembentukan panitia Mubes KMBD IV akan dilanjutkan beberapa hari lagi, kata ketua panitia pelaksana terpilih, M. Alkaf mengakhiri acara dan diamini sekretaris Ismail yang duduk disamping beliau.

Acara ditutup dengan yel yel semangat perjuangan yang dipimpin oleh tokoh senior Amir.H.Atan dan diikuti peserta, ” KMBD…Melayu.!!!!, Melayu…Bangkit..!!! ” (aba)