Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Dumai Barat


Wasiatriau.com – Musabakoh Tilawatil Al-Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan Dumai Barat dibuka langsung Camat Dumai Barat, Selasa malam (18/4) di aula kecamatan dumai barat.

Turut hadir dalam acara MTQ tersebut, Ketua LAMR Dumai dan kawasan Dumai Barat, Asisten II, Darmawan, Kapolsek Dumai Barat,Lurah-lurah, ketua ketua RT, LPMK sekecamatan Dumai Barat serta sejumlah masyarakat, turut juga hadir salah satu Ketua Partai PPP kota Dumai H.Samsul Bahari.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibacakan kori undangan, qori tersebut merupankan salah satu qori terbaik Provinsi Riau tahun 2016 yang lalu.

Berdasarkan pantauan langsung awak media Wasiatriau.com di aula kecamatan dumai barat, acara tersebut terkesan dengan suasana dan budaya melayu, pasalnya kata pengantar yang disampaikan pembawa acara dimulai dengan bait pantun yang berbau religius. sementara pantun tersebut merupakan budaya melayu yang selalu dilakukan saat kegiatan dalam suatu helat hantaran belanja peminangan dan tepuk tepung tawar dalam pesta perkawinan dan pada acara adat istiadat melayu.

MTQ tingkat kecamatan dumai barat diikuti sebanyak 56 peserta, dibagi 5 katagori yaitu tilawatil quran tingkat Umum, Remaja dan Anak anak, serta katagori Tahfis dan Taktim, sementara kata sambutan ketua panitia tersebut mengatakan, peserta merupakan utusan dari 4 kelurahan, Pangkalan sesai, purnama, Simpang tetap darul ikhsan dan Kelurahan Bagan keladi.

Setelah MC menjemput camat dumai barat menyampaikan kata sekapur sirih, langsung diminta untuk membuka acara MTQ tingkat kecamatan dumai barat ditandai dengan memukul salah satu instrumen alat kesenian tradisional, gong tetawak.

Dalam acara peresmian pembukaan, camat dumai barat didampingi Asisten II dan Kapolsek dumai barat serta beberapa tokoh masyarakat dumai barat.

Setelah gong tetawak dibunyikan, langsung disambut oleh MC pengendali acara dengan pantun melayu bernuansa islami menandakan acara MTQ tingkat kecamatan dumai barat resmi dibuka.

Diselala sela interval waktu jeda, sekali lagi pembawa acara menjemput para hadirin untuk berfoto bersama.silih bergantian mereka mengabadikan berfoto bersama, terakhir diminta mc kepada para ketua RT se kecamatan Dumai barat mengabadikan wajah wajah rt tersebut.

Saat berita ini dirilis, acara MTQ masih berlangsung, MC memanggil sesuai dengan nomor urut peserta Musabakah Tilawatil Al-Quran untuk membacakan ayat suci kalam ilahi yang sudah disediakan. (aba).***.