TPI Aternatif Warga Cari Hiburan Sore


Wasiatriau.com – Beginilah kondisi masyarakat dumai, haus dengan tempat hiburan. Kenapa tidak, hanya bermodalkan laut, areal Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Purnama hampir setiap sore padat dikunjungi warga Dumai. Demikian pantauan awak media dilokasi, minggu (14/5)

Sementara pelabuhan TPI tersebut berdekatan dengan Pelabuhan roro dan pelabuhan penumpang Pemko Dumai,namun sampai hari ini (red) belum difungsikan.

Potensi laut merupakan prospek yang positif untuk mengembangkan sektor wisata terutama untuk pemenuhan kebutuhan hiburan masyarakat dumai, sebab jika dilihat dari kunjungan warga berkunjung ke pelabuhan tpi tersebut cukup ramai. menunjukan warga dumai haus tempat hiburan terutama untuk mereka berekreasi.

Sementara fasilitas di area tpi untuk warga yang datang berjalan jalan sore hanya ada beberapa lapak lapak warga jualan kaki lima. Tidak ada satupun fasilitas yang disediakan. Apalagi pelabuhan tpi tersebut bukan pelabuhan rekreasi tapi pelabuhan tempat pelelangan ikan. Disekitar laut pelabuhan tpi hanya ada sekelompok kapal pompong nelayan yang bersandar di pelabuhan tersebut dan beberapa kapal motor perdagangan dan kapal patroli laut.

Ketika awak media menanyakan salah satu pengunjung jalan sore yang sedang berada dilokasi tersebut. erni mengatakan beliau datang ke tpi hanya ingin melihat laut, ujarnya.

Ibuk muda tersebut datang dengan rombongan keluarganya menambahkan, beliau hampir setiap bulan ber- rekreasi di pantai dumai, seperti pantai marina teluk makmur dan beberapa tempat rekreasi lainya.Katanya.

Masih ucapan ibuk erni, ketika ditanya minimnya fasilitas fublik di area pelabuhan tpi, beliau mengatakan datang ke pelabuhan tpi tersebut karena lautnya, karena laut bisa melepaskan pandangan jauh sampai batas mata memandang dan dapat menghilangkan beban rutinitas yang dihadapi setiap hari. Ungkap ibuk tersebut.

Berdasarkan rangkuman awak media, potensi laut dumai merupakan modal dasar dumai yang dianugrahkan Allah.swt untuk pengembangan khususnya di sektor pariwisata.

Masih banyak lagi lokasi yang verpotensi untuk dikembangkan menjadi tempat rekreasi, seperti pelabuhan roro dan penumpang milik pemerintah kota dumai yang ada disebelah pelabuhan TPI, begitu juga tempat wisata lainya seperti pantai marina teluk makmur nota benenya lahan tersebut milik Pemko Dumai seluas 40 ha. Apalagi lokasi pantai marina tersebut memang masuk dalam kawasan pantai pariwisata. (aba)