Wako Safari Ramadhan Mushala Al Mukminin Lubuk Gaung


Wasiatriau.com – Sempena Bulan Suci Ramadhan Walikota Dumai adakan kegiatan Safari Ramadhan 1438 H, ke mesjid dan Mushala yang ada di Kota Dumai, kali ini Wako dan Rombongan bersafari ke Muhala Al Mukminin RT.25 Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan.Rabu malam (31!5)

Sebelum acara safari ramadhan di mushala Al Mukminin, Walikota Dumai dan rombongan singgah di Kantor Camat Sungai Sembilan berbuka dan Sholat Maqhrib berjemaah di Mushala lungkungan kantor camat.

Berdasarkan pantauan Wasiatriau.com dilokasi, Suasana berbuka saat itu terkesan keakraban antara pejabat pemko Dumai dengan masyarakat Sungai Sembilan, pasalnya warga dapat bercengkrama dengan rombongan safari tersebut. Terlihat Camat sungai sembilan Zulkarnaen sibuk melayanan rombobgan, bukan hanya melayani Wako dan Rombongan tapi beliau dengan senyum khas menyapa dan menyalami undangan yang hadir.

Setelah selesai makan malam menyambung buks puasa, rombongan safari ramadhan langsubg menuju ke tempat acara, lebih kurang 2 km perjalanan baru sampai ke lokasi acara. Meskipun jalan masuk kelojasi agak sempit, tapi kesigapan sejumlah personil Dinas Perhubungan dibantu oleh warga setempat serta Limas, puluhan mobil rombongan masuk kelokasi menjadi lancar dan aman.

Setibanya walikota dan rombongan sampai ke tempat yang dituju,dengan antusias warga dan jemaah mushala Al Mukminin menyambut kedatangan Bapak Zul As didampingi Ibuk Walikota Hj. Haslinar serta rombongan.

Turut hadir dalam acara safari ramadhan tersebut, Kapolres Dumai AKBP Donal Ginting, Laksa TNI AL Dumai dan sejumlah Kepala Dinas dan Bandan, Kabag Humas Pemko Riski Kurniawan,Kemenag Dumai, Camat Sungai Sembilan dan Lurah se Kecamatan Sungai Sembilan, beberapa awak media serta tokoh mssyarakat sungai sembilan, warga RT.25 dan jemaah mushalla al mukninin

Setelah jemaah mengadakan sholat Isa dan sunat tarawih,acara langsung dimulai dengan kata pengantar yang disampaikan pengurus mushala, Sapran engatakan kronologis berdirinya mushala Al Mukminin, beliau mengatakan bahwa bangunan mushala tersebut berdasarkannswadaya masyarakat kampung, awalnya bangunan tersebut kata beliau, kebetulan ketua RT.25,ukuran 5 x 5 m, bangunan semi parmanen, akhirnya dapat terwujud bangunan parmanen
dengan ukuran lebih besar lagi,namun imbuh beliau lagi disela sela kata sambutanya,dengan agak bercanda menyampaikan, untuk memasang keramik lantai mushala,” masih berhutang pak “. Ujarnya langsung disambut gelak tawa gembira jemaah yang hadir.

Walikota Dumai H.Zulkifli As menyampaikan dalam pidato safari Ramadhan, wilayah kecamatan basilam baru tersebut cukup luas, hampir separuh dari wilayah dumai. Pemerintahan Kota Dumai juga memperhatikan pembangunan daerah tersebut,salah satu jalan asikin tempat acara tersebut,tahun ini akan dibangun fisik jalan, selain itu pos anggaran dari dinas instansi terkait lainya juga banyak masuk ke daerah kecamatan sungai sembilan, Kata beliau lagi, namun karena keterbatasan anggaran daerahh, tentu pembangunan juga dilakukan secara bertahap pula. Ujar wako.

Masih berita yang sama, disela sela pidato safari ramadhan, Zul As sempat mencari dana mebgajak para rombongan patungan ber infaq, sedekah untuk meringankan beban pengurus mushala biaya pembangunan fisik lantai keramik yang baru selesai dibangun. tidak sampai sepuluh menit, setelah dihitung langsung oleh wako dibantu Camat dumai barat, dapat terkumpul sebanyak 10 juta lebih, juga Kapolres Dumai ikut menyumbang dalam acara tersebut.

Lanjut Wako lagi, dana tersebut di bagi dua, separuh untuk Mushala Al Mukmini dan sebagianya lagi untuk tempat ibadah di tiang jung. Dana infaq dari rombongan beliau serahkan langsung diterima ketua panitia pembangunan mushala.

Sebelum beliau menutup pidato safari ramadhanya, seperti biasa setiap rumah ibadah yang dikunjungi mendapat bantuan biaya pembangunan, kata Wako lagi, ” Pengurus mushala harus membuat buku rekening bank mushala dan harus membuat laporan rincian biaya pembangunan berdasarkan kuitansi pembelian barang ” Ujar Zul As. (aba)***