Pabrik Gula Komitmen Dukung Program Pemko, Terkait TKL


WR – (DUMAI)Pabrik gula merupakan salah satu perusahaan swasta murni yang ber-investasi di kota Dumai yang bertekad mendukung program pemerintah kota Dumai terkait dengan penerimaan tenaga kerja lokal (TKL).Demikian kata HRD,Budi saat ditemui awak media, senin(14/8)kemarin.

Beliau sekaligus menepis isu tak sedap bahwa saat perusahaan tersebut menerima tenaga kerja,dianggap merekrut TKL dari luar Dumai, serta diisukan juga pelamar kerja diminta uang. ” Pihak Perusahaan tidak pernah meminta uang pada pencari kerja,malah jika ada oknum perusahaan yang melakukan pungutan liar,maka pihak perusahaan akan menindak tegas.Ujarnya.

Lanjut beliau lagi menjelaskan, malah beliau berkomitmen mendukung program pemerintah kota Dumai terkait merekrut tenaga kerja lokal (TKL),tambah beliau lagi,sebagian besar tenaga kerja lokal direkrut dari Dumai. Kata pemuda melayu yang mudah senyum tersebut.

Dani juga bertekad bahwa perusahaan Tebu tersebut dapat dijadikan contoh buat perusahaan swasta lainnya dalam merekrut tenaga kerja lokal.

“Anak Dumai sebenarnya punya kemampuan, tapi karena tidak diberi kesempatan saja “, Ujar HRD pabrik tebu tersebut.

Masih ucapan dani menjelaskan dengan penuh semangat. ” karena saya melihat sendiri kemampuan anak Dumai, mereka telah teruji saat bekerja di perusahan tebu tersebut. Terang Dani agak sedikit memuji.

Sambung beliau lagi menerangkan, beliau sudah berupaya semaksimal mungkin dalam merekrut tenaga kerja lokal,namunbeliau memakluminya,jika ada orang yang masih beranggapan lain.semua itu dapat beliau jadikan masukan yang sangat berharga demi untuk kemajuan perusahaan dan TKL itu sendiri,Demikian terangnya.

Disisi lain, Berdasarkan Perda nomor 10 tahun 2004 tentang tenaga kerja lokal (TKL) kota Dumai, menjelaskan komposisi TKL kota Dumai 70:30, sementara 30% merupakan tenaga skill yang dibutuhkan oleh perusahaan.Namun penempatan tenaga kerja lokal pada perusahaan swasta yang berdiri di kota Dumai, diindikasikan belum memenuhi keinginan Perda tersebut

Sementara visi misi Walikota dan wakil walikota Dumai terpilih, periode 2016-2021,penempatan tenaga kerja lokal, terutama diperusahan yang ada di kota Dumai 100 persen. Namun sampai saat ini (red), berita ini diterbitkan, Perda Tenaga Kerja Lokal(TKL) tersebut belum direvisi. (aba)***