Pelabuhan Roro Dumai Terkesan Abaikan Keselamatan Penumpang


WR- Pelabuhan Roro Dumai terkesan tidak standardisasi pelabuhan. Pasalnya tidak disediakan ruang parkir tunggu khusus untuk Kandaraan roda dua.

Berdasarkan pantauan awak dilokasi roro penumpang Kandaraan roda dua menunggu roro diujung dermaga.

Sementara diujung dermaga tidak ada ruang tunggu untuk penumpang,pembatasan kiri dan kanan Darmaga hanya dibatasi dengan pagar besi.

Sambil menunggu roro yang akan tiba, para penumpang roro Kandaraan roda dua diatur petugas lapangan, mengatur agar tertib. Namun karena tidak ada kiridor jalur antri Kandaraan, para penumpang ada yang saling menyalip masuk dicelah celah ruang kosong.

Sementara kondisi fisik Darmaga terasa sempit dan berdesakan saat kapat roro tiba, kenapa tidak, lebar Darmaga terpaksa dibagi dua lajur, lajur kanan digunakan untuk penumpang yang datang sementara sisi kiri digunakan penumpang tempat parkir tunggu, Sehingga dapat menyebabkan ujung Darmaga macet sesaat ketika para penumpang hendak turun.

Tata kelola roro, terkait fasilitas parkir penumpang didermaga Dumai yang dianggap masih kurang baik jika roro tersebut dibandingkan dengan pelabuhan Roro pulau rupat, kata salah seorang penumpang asal rupat, mengatakan, sudah saatnya lah pemerintah provinsi Riau melalui instansi terkait untuk mebenahi sebelum terjadi kecelakaan. Ujarnya.

Lanjut beliau lagi, sebenarnya tidak banyak anggaran yang dibutuhkan untuk membuat tempat parkir Kandaraan roda dua sebagai tempat tunggu penumpang. Tambah bapak paruh baya itu menyebutkan jika ada fasilitas parkir tunggu untuk Kandaraan roda dua,tentu penumpang bisa lebih tertib dan lebih terjamin lagi keselamatan penumpang. Demikian harap beliau mengakhiri, karena roro sudah hampir sampai. (aba) ***