Conveyor Unloaing Pelindo Rusak, Jadi Sorotan Warga


WR – Aset Pelindo I cabang Dumai,sebagai fasilitas penunjang aktivitas pelindo I cabang Dumai, untuk memperlancar bongkar muat komoditi di area pelabuhan, seperti conveyor unloading, namun sarana fisik conveyor unloading tersebut yang baru di bangun, sudah tidak berfungsi lagi.

Terkait conveyor unliading yang tidak berfungsi lagi, sontak menjadi sorotan publik. Pasalnya aset pelindo I cabang Dumai tersebut baru beberapa tahun silam di tenderkan.

Berdasarkan rangkuman informasi yang di himpun awak media dilapangan,masa tender lelang proyek pembangunan fisik bangunan Conveyor unloading ini dilaksanakan pada tahun 2012,tender yang dilaksanakan oleh pihak pelindo sendiri, dimenangkan oleh perusahaan berinisial PT.Brs (red).

Pembangunan fisik bangunan dengan biaya puluhan miliar tersebut rupanya tidak dapat menjamin kualitas fisik bangunan, seperti yang terjadi didepan mata orang Dumai tersebut,proyek conveyor unloading dianggap sia sia, karena alat tersebut saat ini tidak dapat difungsikan. hanya dijadikan pajangan didalam area pelindo I cabang Dumai.

Berdasarkan pantauan awak media didalam lokasi pelabuhan pelindo I cabang Dumai terlihat jelas conveyor unloading tidak bergerak atau tidak dapat di fungsikan sebagai mana mestinya. akibat conveyor unloading rusak,untuk bongkar muat ampas ke kapal masih menggunakan manual,curah dari mobil ke dalam conveyor mini yang ada diatas Darmaga. Tentu berdampak pada lingkungan laut,karena disaat angin laut berhembus, ampas yang dicurahkan kedalam conveyor mini tersebut,langsung terbang kalau.

Terkait tidak berfungsi nya conveyor unloading tersebut, Ketua LPMK Dumai Kota, Nurdin Efendi turut angkat bicara, sungguh sia sia kalau ada aset Pelindo I cabang Dumai dibiarkan begitu saja, sementara katanya melanjutkan, anggaran proyek tersebut menelan biaya miliaran rupiah. Ini perlu dipertanyakan apakah proyek yang telah dilaksanakan pelindo tersebut sudah sesuai. Atau PT. Pelindo I cabang Dumai sendiri yang kurang bisa merawatnya. Demikian katanya mengakhiri agak sedikit bertanya. (aba)