SPAM Regional Durolis Akan Terwujud


WR – Rohil – Penyelengaraan Pembangunan Sistem  Penyediaan  Air  Minum   (SPAM) Regional Durolis(Dumai,Rohil,Bengkalis) akan segera terwujud sebab,dengan telah dilaksanakanya peletakan batu pertama ( ground breaking ) di daerah Kecamatan Tanah Putih, Tanjung Melawan, kabupaten Rohil,  Riau, beberapa hari lalu, Senin (21/8/14).

Gubernur Riau,H. Arsyadjuliandi Rachman
berharap pembangunan”SPAM Durolis” agar dapat dilaksanakan secepatnya pekerjaan proyek ini, karena katanya lagi, “SPAM inilah yang sangat dinanti – nantikan oleh warga masyarakat di pesisir timur provinsi Riau ini”. Terangnya.

Upaya Pemerintah Riau bersama dengan Kementrian PUPR dan ketiga Pemerintah Kabupaten/Kota yakni Dumai,Rohil serta Kabupaten Bengkalis secara sinergik akan mewujudkan pelayanan air minum yang layak bagi masyarakat di ketiga wilayahan tersebut. Ujarnya.

Spam Regional Durolis ini bersumber darisungai rokan dengan berbagai proses penyulingan, untuk tahap 1 (2017-2018) akan memakan biaya Rp.800 Milyar,dimana dana tersebut   bersumber   dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten /Kota.

Pada tahap pertama ini,  enam kecamatan di kota Dumai lebih dulu menikmatinya, Dumai Kota,Dumai Barat,Dumai Timur dan Dumai Selatan. Sementara itu Kabupaten Rohil ada empat  kecamatan,  Kabupaten Bengkalis ada dua kecamatan.

Kemudian, pembangunan jaringan pipa distribusi yang cukup panjang untuk melayani Dumai, wilayah Duri Kabupaten Bengkalis, insyaallah akhir tahun 2019 akan dapat dinikmati.

Masih berita yang sama, Walikota Dumai Drs.H. Zulkifli As, M.Si, menyampaikan Rasa Syukur  atas   perjuangan  selama ini,dan kota Dumai  Sangat siap  untuk penyelenggaraan sistem  penyediaan  Air Minum.

Kesepakatan bersama antara  Direktorat Jendral Sumber Daya Air(sda)Kementerian Pekerjaan Umum  dan  Perumahan  Rakyat dan Pemerintah Provinsi Riau,Pemerintah Kota Dumai,Rokan Hilir serta Pemerintah Kabupaten Bengkalis.(aba).