Hasbi Sesalkan Perusahaan Kangkangi Peraturan Naker


Wasiatriau.com –  Terkait dengan temuan  PT Ivomas yang tidak melaporkan nama tenaga kerja ke Dinas tenaga kerja dan transmigrasi kota Dumai, sontak menjadi sorotan masayrakat Dumai.

Ir M Hasbi, Penggiat reformis,  pemerhati pembangunan kota Dumai.menyayangkan sikap perusahaan yang tidak koorporatif terhadap pemerintah daerah. Perusahaan tersebut harus ditindak sesuai peraturan hukum yang berlaku.

Masuknya tenaga kerja PT Ivomas tanpa sepengatuhuan instansi terkait, tidak bisa dibiarkan begitu saja, katanya Harus diusut tuntas. Sejauh mana perusahaan tersebut merekrut tenaga kerja dan dari mana, jika mereka tenaga asing harus dilihat paspor tenaga kerjanya. sejauh mana koordinasi pihak perusahaan dengan Disnakertran Kota Dumai Terkait ketenagakerjaan itu.

Beliau meminta kepada instansi terkait agar membuat tim gabungan, mendata tenaga kerja yang ada di perusahaan itu. Baik kelengkapan identitas tenaga kerja, jumlah tenaga skill dan tenaga kerja kasar.

Masih ucapan Hasbi, pihak perusahaan telah mengangkangi peraturan perundang undangan yang berlaku terutama Perda nomor 10 tahun 2014, tentang tenaga kerja lokal.

Lanjut Hasbi lagi, jika pihak perusahaan itu tidak mengindahkan imbaua pemko Dumai beliau bersama masyarakat kota Dumai akan  turun bertemu.

Ditempat terpisah, suara yang sama juga disampaikan oleh beberapa tokoh pemuda melayu Dumai juga menyayangkan dengan sikap perusahaan yang tidak koorporatif terhadap Instansi terkait.   (aba) ***