Wan Tamrin Puji Arifin Ahmad


Www.wasiatriau.com – Wakil Gubernur Riau Wan Tamrin Puji kebijakan yang dilakukan oleh Bapak Arifin Ahmad, karena dukungan moril pak gubernur II itulah yang membuat  beliau termotivasi, hingga beliau dapat merasakan  manfaatnya sampai saat ini.

Awalnya wasiatriau.com beserta beberapa tokoh Masyarakat Dumai berkunjung ke rumah Dinas Wan Tamrin,  wakil Gubernur Riau,  dengan tujuan bersilaturahmi dengan wakil Gubernur Riau yang baru itu, Kamis malam (19/18), di Pekanbaru.

Setibanya didepan pagar rumah Kediaman beliau, Satpol PP langsung mengarahkan mobil yang kami tumpangi masuk keruang parkir pas didepan rumah dinas itu. Lalu kami disambut protokoler mempersilakan masuk keruang tamu. Tak lama berselang keluarlah sosok tokoh orang nomor dua di bumi lancang kuning itu,sosok yang sangat sederhana tapi berkarisma,dengan senyum khas,  Bapak Wan Tamrin menyapa, ” sudah lamo sampai..? “.tanya beliau sambil menyalami  rombongan satu persatu.

Perjalanan jauh memang melelahkan, rasa mengantuk bercampur lapar. Namun saat bercengkrama dengan wakil Gubernur itu. Sontak rasa lelah langsung lenyap.apalagi setelah mendengar  wakil Gubernur banyak bercerita tentang pengalaman yang beliau  lalui dimasa lalu.

Wan Tamrin mengatakan disela sela percakapan saat itu ” Saya bangga dengan Bapak Arifin Ahmad, karena beliau sangat peduli dengan pemuda melayu,”. Ujarnya mengingat tempo dulu.

Kata wakil Gubernur itu lagi,”dirumah inilah  kami dulu dikumpulkan, dimasukkan kerja, dimana saja ada lowongan kerja, ada juga yang dimasukkan  kerja di bioskop lativa “. Terangnya penuh semangat.

Setelah ada penerimaan pegawai, katanya, maka kami semua dimasukkan kerja jadi pegawai Negeri, ada di pemerintahan, ada di perikanan, pokoknya kata beliau lagi, dimana saja ada lowongan kerja pegawai, setelah lulus kerja di pegawai negeri, kami tetap kerja ditempat lama, dapat dua gaji. Ujarnya.

Arifin Ahmad adalah Gubernur Riau yang ke dua setelah Kaharudin Nasution.beliau menjabat Gubernur Riau pada tahun 1966 sampai dengan tahun 1978, selama dua periode.

” Susah mencari tokoh seperti Bapak Arifin Ahmad itu lagi, beliau begitu peduli dengan pemuda ” Kata Wan Tamrin dengan bola mata agak berkaca kaca, haru mengingat masa lalunya.

Masih ungkapan Wan Tamrin lagi, sebelum beliau masuk jadi pegawai Negeri, setelah tamat sekolah, Wakil Gubernur itu pernah tinggal di Dumai,pernah ikut mengkap ikan dilaut bersama saudara beliau kebetulan sebagai nelayan.Dan berbagai kerja pernah beliau lalui saat itu.

Sambung beliau lagi, belum lama ini beliau pernah ke kota Dumai, sambil mengunjungi saudara, beliau berjalan mengelilingi kota Dumai dengan menaiki becak motor,sambil mengingat ingat tempat yang dulu pernah bermain,namun karena  sudah banyak yang berubah, apalagi tempat  tersebut sudah padat bangunan rumah warga, jadi, ” lupo”. Kata wan Tamrin Hasyim dengan dialek logat daerahnya.

Ketika ditanya, apakah abang tukang becak motor itu tahu bahwa yang naik bentor itu adalah wakil Gubernur pak, beliau mengata kan,tidak tahu tukang becak tu, beliau tidak menyebut identitas, beliau hanya bercerita dengan tukang becak sambil dibawa  jalan  jalan berkeliling kota Dumai, bahwa beliau dulunya pernah tinggal di Dumai ini (red).

Perjalanan beliau kedumai memang cukup berkesan, karena sudah lama berkeliling kota, ” satu orang pun tidak ada yang kenal dengan Saya,”. Katanya agak menculik hati, disambut tawa rombongan yang hadir saat itu.

Sebelum rombongan meninggalkan tempat Wan Tamrin Hasyim berpesan  , “Tuan tuan jangan segan berkunjung ke rumah Saya, selagi saya ada di rumah, terbuka kapan saja,”.  Ujarnya mengakhiri. (aba)