Cooking Class Lambok Dumai. PKK Peragakan Cara Masak


Wasiatriau.com – Sudah lama tidak dengar makanan khas daerah melayu Riau, bubur lambok.apatah lagi makan bubur lambok, sebab tak ada  dijual direstoran maupun di pajang sebagai menu sarapan pagi di hotel hotel.

Tapi kali ini,bubur lambok mulai diperkenal kan Ibuk – ibuk PKK Kota Dumai,  langsong diresmikan oleh Ibuk walikota Dumai,Hj. Haslinar Zulkifli As.dihotel grand zuri,Rabu (8/11)dengan tema “cooking class Lambok Dumai”.

Helat sosialisasi menu khas daerah melayu berjudul ” Lambok Dumai”,  yang ditaja oleh (PHRI) bersama dengan PKK Kota Dumai, turuthadiri Apindo Dumai,Manajemen hotel dan restoran yang ada di koto Dumai. serta beberapa tokoh masyarakat Dumai.

Dihadapan undangan Ibuk ibuk dari PKK Dumai,  langsung dipimpin oleh Ibuk in dan didampingi Ibuk Irma  mengenalkan apa itu lambok Dumai, jenis resepnya  serta  cara memasak.

Ibuk in  yang akrab disapa kak in itu juga memperagakan me sagu dihadapan tamu dan cara memasaknya, setelah me sagu itu matang, lalu Ibuk Irma  selaku  moderator  mempersilakan kepada Ibuk wakil walikota Dumai mencicipi masakan me sagu buatan Ibuk PKK itu dan disaksikan oleh sekretaris Apindo Dumai dan undangan lainnya.

Disela sela acara, Kak In mengatakan saat dikonfirmasi awak media, bahwa makanan  bubur lambok merupakan  makanan khas daerah melayu. Katanya dulu makanan itu menjadi menu istimewa. Karena setiap orang mau membesuk orang sakit, bukan buah buahan yang dibawa tapi bubur lambok, karna saat tidak ada buah buahan yang dijual dipasar,  harus nunggu musim  buah buahan dulu. Ujarnya.

Bubur Lambuk juga, lanjut Ibuk penggerak PKK itu menerangkan,menjadi menu yang sangat istimewa saat helat perjamuan para pembesar dan saat kenduri adat pada hari tertentu serta kenduri pernikahan. Terang beliau mengisahkan betapa istimewanya bubur lambok menjadi makanan orang tempo dulu. (aba) ***