Desa Teladan Cikal Bakal Kelurahan Purnama


Wasiatriau.com –  Memang banyak warga Dumai yang tidak mengenal Desa Teladan terutama generasi muda. Karena desa itu terletak di kelurahan Purnama. kecamatan Dumai Barat, merupakan desa baru untuk warga yang dipindahkan dari Pangkalan Sesai.

Warga desa pangkalan Sesai dipindahkan ke desa Teladan setelah tempat tinggal warga dipangkalan Sesai dibebaskan oleh perusahaan perkapalan badan usaha milik negara, PT Patra Dock. .

Sebagian warga desa pangkalan Sesai itu yang rumah mereka masuk dalam areal di tempatkan kedaerah baru yang diberi nama Desa Teladan kelurahan Purnama,kawasan pangkalan Sesai yang dibebaskan seluas lebih kurang 220 H akan dijadikan kawasan perkapalan.diarea pantai dan laut dibangun Dock perkapalan dan areal darat dibangun perumahan karyawan dan sarana lainnya.

Menurut salah satu warga Purnama yang tidak disebutkan namanya,  menceritakan  Warga Pangkalan Sesai yang dipindahkan ke Desa Teladan sebanyak lebih kurang 150 kk.

Sementara Desa Teladan itu,  imbuh  beliau lagi,  bekas kebun karet warga Dumai yang digarap menjadi pemukiman baru, warga yang  berasal dari desa  pangkalan Sesai. Ujar bapak tua itu. (aba) ***