Festival Budaya Bahari Daerah Upaya Meningkatkan Potensi Wisata


 

Promosikan Berwisata ke Selatbaru, Bupati Bengkalis Buka Festival Budaya Bahari Daerah 2017

Bupati bengkalis Amril Mukminin saat membuka Festival Budaya Bahari Daerah tahun 2017, Ahad 26 November 2017. Foto: Diskominfo

Wasiatriau.com -Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menghadiri acara dan langsung membuka secara resmi festival budaya bahari daerah 2017, Minggu (26/11) di pantai selat baru, Bantan  Bengkalis.

Pantai indah Selat baru terletak di parit I Desa Selat baru, Kecamatan Bantan dan merupakan pantai terindah kedua setelah pantai wisata Rupat Utara.

Festival Budaya Daerah 2017  yang ditaja Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olahraga (Disbudparpora) Bengkalis. Punya kesan tersendiri. Pasalnya dalam untaian acara festival budaya daerah, diisi dengan berbagai iven pertandingan dan permainan rakyat,seperti pertandingan gasing, layang-layang, jung,juga dilaksanakan perlombaan mewarnai tingkat taman kanak-kanak (TK) serta  melukis tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA), volly ball, kegiatan dilaksanakan selama 2  hari sejak tanggal 25 hingga 26 November 2017.

Dalam kata sambutan Panitia pelaksana, Plt Disbudparpora T. Ilyas, mengatakan tujuan dilaksanakan Festival Budaya ini sebagai langkah promosi dibidang pariwisata di Bengkalis khususnya di Desa Selatbaru sehingga dapat mendorong dan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. Katanya.

“Pelaksanaan Festival Budaya Bahari atau pesta pantai ini dilaksanakan setiap tahun sebagai langkah,agar para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini semakin meningkat”. Ungkap Ilyas.

sementara itu, Camat Bantan Samsul Bahri, dalam sambutannya mengatakan pada saat ini Kecamatan Bantan ada beberapa agenda yang dilaksanakan yakni pesta pantai dan pelantikan seluruh pengurus desa LAM sekecamatan Bantan sekaligus Festival Kompang yang ada di Kecamatan Bantan.

“Pantai Indah Selatbaru ini, mulai ramai dikunjungi para wisatawan tidak terikat pada hari libur tetapi juga dikunjungi pada sore hari setiap harinya, semoga kedepan perekonomian masyarakat sekitar lebih meningkat”. Ungkap Camat Bantan.

Tampak hadir dalam acara Ketua TP PKK Kasmarni, Plt Sekda H Ariyanto, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Bengkalis H Zainuddin, Forkopimda serta ratusan masyarakat Bengkslis turut hadir dalam helat festival budaya daerah . (Ef)**