Hitkad Dampingi Salurkan Tenaga Kerja Welder


Wasiatriau.com – Himpunan Tenaga Kerja kota Dumai ( HITKAD ) sebuah organisasi LSM yang bergerak di bidang merekrut tenaga kerja skill khususnya walder (las). Demikian yang disampaikan ketua Hitkad Dumai, Muhammad Nasir Reza, Rabu pagi (22/12).

Ketua Hitkad yang akrab disapa reza dan didampingi pengurus LSM, katanya hari ini mereka mengadakan pendampingan pada anggota binaan Hitkad itu untuk  mengikuti proses seleksi test las  yang dilaksanakan oleh perusahan PT.Jhudi Sakti Enngenering sementara yang mengikuti test sebanyak 36 peserta.

Lanjut M.Nasir Reza lagi, sesuai visi misi Hitkad yang mendukung program pemko Dumai, katanya mereka ikut berperan serta berkontribusi mendukung perda Nomor 10 Tahun 2004,  tentang tenaga kerja lokal, 70 : 30,  dengan komposisi 70 persen tenaga  kerja lokal dan 30 persen tenaga kerja skill dari luar Dumai. Katanya.

Namun lanjut ketua LSM  Hitkad itu, bahwa mereka tetap mempersiapkan tenaga kerja skill di bidang walding.” Kami siap bersaing dengan tenaga skill dari luar daerah Dumai ” . Ujarnya dan diamini rekan rekannya saat mendampingi beliau.

Berdasarkan pantauan awak media,tenaga skill yang direkrut oleh LSM Hitkad terdiri dari tenaga welding yang berpengalaman, jam terbang mereka ada yang sudah kerja diluar negeri, mereka masuk tetap melalui seleksi  dan bagi anggota yang masuk dari tingkat dasar,  para senior  mereka yang akan melakukan pembinaan skill maupun disiplin kerja, sementara ada beberapa dari senior mereka  berpengalan pernah bekerja di luar negeri, dengan etos kerja luar negeri itu para senior mereka memberi  motivasi kepada anggota yang direkrut oleh LSM Hitkad,agar bisa bekerja secara profesional sesuai etos kerja.   anggota yang direkrut oleh Hitkad itu tentu siap bersaing dengan tenaga skill dari luar.  Sehingga  Perusahan tidak sulit lagi mengimport tenaga skill dari luar Dumai, karena  Hitkad sudah jauh jauh hari mempersiapkan tenaga profesional.

Hitkad dapat membaca peluang pangsa pasar. Itu diwujudkan mereka setelah PT. jhudi Sakti Ennginering yang mengerjakan Proyek Tangki Di Area PT.SDS  di Lubuk Gaung. Reza mengatakan, beliau sangat menghargai  komitmen perusahan itu mau merekrut tenaga lokal. Ujarnya.

Memang tidak mudah untuk mencari kata sepaham antara para para  pihak,  seperti membalikan telapak tangan, beberapa kali mereka melakukan pertemuan,  akhirnya antara pihak punya komitmen yang sama, merekrut tenaga kerja lokal. Lanjut Nasir lagi mengatakan,Pertemuan sebagai wujud dari kesepakatan yang dilakukan di kantor DISNAKER pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2017 yang lalu.dan hasil dari pertemuan itu lah maka pihak perusahan mengadakan seleksi tenaga kerja walding di PT.SDS. Demikian kata Ketua Hitkad Dumai.

Sampai berita ini diterbitkan, belum dapat diketahui berapa orang yang diterima hasil test tenaga welder tersebut.(aba)***