Zulkarnaen Ikut Berpartisipasi Tinjau Lokasi Banjir


Wasiatriau.com – Terkait banjir rob, pasang  naik melanda kepemukiman warga, Laskar hulubalang Dumai, Panglimo  Gedang  dan  didampingi plt Kepala Dinas PU, Sahminan serta  warga setempat, adakan tinjauan ke beberapa titik lokasi banjir, senin, (6/11) di kelurahan rimba sekampung.

Dalam kegiatan tersebut turut  juga  hadiri kepala Dinas Perindag Dumai, Zulkarnaen. Dengan berpakaian dinas, beliau juga  ikut bersama rombongan menyusuri beberapa titik lokasi rawan banjir.

Berdasarkan pantauan awak media, beliau turut juga mengangkat potongan kayu yang hanyut dan ada juga yang tersumbat dalam gorong gorong drainase disaat air pasang sedang naik.

Awalnya Kepada Dinas Perindag tersebut hendak pergi kerja, kebetulan ia  melintasi jalan cempedak saat itu, mungkin melihat ada rombongan anggota Laskar bersama plt Kepala Dinas PU sedang meninjau di lokasi banjir itu, dengan rasa kepedulianya  Langsung beliau keluar dari mobil dinasnya turun kejalan dengan kaki telanjang, celana disingsing,ikut mengarungi air pasang naik  yang saat itu masih saja baru separas lutut orang dewasa. beliau ikut membaur dalam rombongan itu dan turut serta membantu mengangkat potongan kayu yang sedang hanyut dibawa arus air pasang.

Kehadiran beliau saat itu, sontak membuat rombongan anggota Laskar bertambah ber semangat, mungkin karena ada dua   orang kepala Dinas saat itu. ada bincang bincang kecil sambil menunjuk kearah sasaran,Lalu mereka meneruskan perjalanan meninjau titik titik lokasi yang tergenang air pasang naik itu.

Kepedulian Zulkarnaen saat itu terlihat dari sikapnya,spontanitas beliau turun bersama sama meninjau klokasi sangat masuk akal, Pasalnya Kadis Perindag Dumai itu rupa rupanya sejak kecil hingga dewasa tinggal dijalan jeruk ujung, Malah rumah yang dulu pernah ditempatinya juga masuk air laut.

Dulu waktu beliau masih kecik,cerita beliau dengan logat melayu mengingat masa lalu, sering jugo keno banjir, tapi  tidak separah macam sekarang ni, hanya setahun sekali saat pasang keling tiba. Ujarnya.

Masih cerita yang sama,disela sela acara tinjau banjir rob tersebut,Panglimo Gedang sempat menjelaskan, bahwa  banjir pasang ini bukan hanya di Dumai saja, tapi seluruh kota pesisir pantai, terutama yang memiliki dataran rendah, karena permukaan air laut semakin tinggi,  akibat pemanasan global dan mencarinya es kutub Utara,menipisnya lapisan ozon,  Kota Dumai ikut jadi korban.

Beliau menambahkan, Laskar hulubalang  atas nama  masyarakat Dumai, akan bawa permasalahan ini ke pusat melalui Dewan Perwakilan Daerah,DPD – MPR RI, Intsiawati Ayus, SH, MH. untuk diteruskan ke menteri PU dipusat untuk ditindaklanjut  mencegah banjir kota. Ujarnya.

Ditempat terpisah, anggota DPD dapil Riau, instiwati Ayus SH MH menjelaskan dalam group WA RMB LHMR Riau, bahwa beliau  sudah menghubungi Kadis PU, lalu setelah selesai proposalnya,katanya lagi,kebetulan  anggota DPD tersebut juga  bergelar,   Tun Sri pemangku samadiraja RMB-LHMR,” kita akan panggil kadis Kadis yang terkait ke Pekanbaru  untuk duduk bersama sama untuk menyelesaikan masalah ini “. Tulis Tun Sri Instiwati Ayus, SH,MH. (aba) **