Berbagai Atraksi Seni Budaya Menambah Semarak Pawai Takruf MTQ


 

Wasiatriau.com- Helat MTQ XXXVI Provinsi Riau diisi dengan pawai takruf.sontak jadi  perhatian masyarakat. Pasalnya disels sels acara pawsi takruf bebagai atraksi ditampil kan, Minggu (10/12).
Kontingen Kabupaten Rokan Hulu ( Rohul) menampilkan atraksi marching band yang sangat memukau penonton, atraksi Kudo tuanku Tambusai.
Begitu juga Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menampulkan hasil kekayaan laut dengan membawa beberapa ekor ikan segar besar. Karena kabupaten Rohil terkenal dengan hasil ikannya.Tidak ketinggalan Kabupaten Meranti juga memperkenalkan diri sebagai produsen Sagu terbesar ke-3 dunia melalui persembahan teater Tual Sagunya.
Sementara itu dari Kabupaten atau Kota lainnya juga menampilkan beraneka ragam pertunjukanya seperti tari menari,teaterikal, hingga pencak silat. semua yang mereka peragakan merupakan khazanah budaya masyarakat yang ada kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau,  merupakan integritas budaya Nasional.
Warga cukup antusias menyaksikan pawai takruf itu, ada yang mengabadikan momen tersebut  dengan memotret kontingen dan ada juga yang Selfi dengan  latar  belakang
Atraksi peserta pawai.
Sulastri (25) gadis berambut panjang ,kata nya  sangat  terkesan melihat atraksi yang ditampilkan dari kontingen Rohul. Karena ada nilai sejarah dan budaya kearifan lokal. Ujarnya.
Pawai Takruf  juga dimeriahkan mobil hias Masyarakat sangat terhibur dengan adanya mobil hias yang diampilkan dengan ciri ciri  khas daerah masing – masing. Hal ini dinilai dapat menambah khazanah wawasan  dan pengetahuan generasi muda terkait budaya daerah.ternyata Provinsi Riau kaya dengan budaya’ dan adat istiadat.
Indra,salah seorang warga Bengkalis,beliau datang dari Bengkalis hanya untuk melihat helat MTQ, mengatakan bahwa momen ini dapat mendijadi wisata religius dan budaya karena dengan helat tersebut ribuan orang datang ke kota Dumai,  seperti  rombongan kafilah yang memang ikut bertanding, serta masyarakat dari daerah kabupaten lainya juga banyak yang hadir dikota Dumai hanya ingin menyaksikan acara MTQ ini. Ujarnya mengakhiri. (aba)***