Bupati Bengkalis Bertekad Kembalikan Pusat Pendidikan dan Budaya

Bupati Bengkalis: Sebagai Seorang Pemimpin Harus Ada Peran dan Keterampilan Wasiatriau.com – Bupati Bengkalis Amril Mukminin bertekad menjadikan kabupaten Bengkalis sebagai pusat pendidikan serta budaya, keseriusanya tercermin dari  Salah satu Visi Misi Kabupaten Bengkalis periode 2016-2021 menjelaskan, menjadikan pulau bengkalis sebagai pusat pemerintahan,dan pusat pendidikan terpadu dan serta  pusat pengembangan budaya melayu serumpun.

Visi misi itu selalu beliau sampaikan disaat helat seremonial formal,seperti apa yang di sampaikan Amril Mukminin saat membuka acara Rapat Koordinasi Kepala Sekolah se-Kabupaten Bengkalis tentang Percepatan Pencapaian Mutu Pendidikan, di aula Hotel Surya, Duri, Senin (18/12/2017) pagi.

Untuk melaksanakan Visi dan Misi tersebut imbuh Amril peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin di sekolah yang dipimpinnya sangat diperlukan.

“Sebagai pendidik atau edukator. Kepala Sekolah bertugas untuk membimbing guru, tenaga kependidikan, peserta didik, untuk mengikuti perkembangan Iptek,dan serta memberi teladan yang baik,” ujar Amril.

Masih kata Amril, sebagai Kepala Sekolah juga sebagai menejer yang harus memiliki strategi yang tepat untuk memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerja sama atau kooperatif.

Katanya lagi, “Kepala Sekolah juga sebagai administrator yakni bertangung jawab atas kelancaran segala pekerjaan dan kegiatan administratif di sekolahnya,” terang  Bupati Bengkalis itu.

Tidak hanya itu,  sambungnya lagi Kepala Sekolah harus menjadi supervisor,  yaitu memberikan pembinaan kepada seluruh staf sekolah, agar mereka dapat meningkat kan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar dengan lebih baik sesuai dengan tujuan pendidikan.

Dituntut sebagai leader, terang Bupati lagi menekankan,  Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk mewujudkan Visi,Misi,tujuan dan serta sasaran sekolah melalui program program yang dilaksanakan dalam sekolah secara terencana dan bertahap.

Selain itu pesan Amril lagi,  Kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkunganya mencari gagasan baru, serta mengintegrasikan setiap kegiatan,memberi kan contoh teladan kepada seluruh tenaga pendidik di sekolah guna mengembangkan model – model pembelajaran yang inovatif.

“Sebagai motivator Kepala Sekolah harus memiliki strategi yang tepat,  memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya,” harap Amril Mukminin itu yang pernah menjabat Kepala Desa Muara Basaung tersebut.

“Selain mempuyai peran, seorang Kepala Sekolah juga mempunyai keterampilan, ialah cultural flexibility,communication  skils human resources development skills dan creativity,  dan serta  self management of learning,” . Demikian jelas orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.dikutib dari Humas Bengkalus (aba)***