Perusahan Harus Pertimbangkan Saat Rumahkan Tenaga Kerjanya


Wasiatriau.com – Perusahaan BUMN yang harus mempertimbangkan secara matang  jika  mau merumahkan tenaga kerja, apa lagi pekerja tersebut sudah bekerja lebih dari dua tahun.

Berdasarkan peraturan tenaga kerja nomor 13 tahun 2013 tentang tenaga kerja secara eksplisit menjelaskan terkait perlindungan tenaga kerja tersebut.jadi perusahaan jika ada niat hendak melakukan PHK dan atau merumahkan tenaga kerja harus berhati-hati demi untuk menjunjung tinggi hukum yang berlaku. Demikian kata ketua LSM Wasiat Riau diruang kerjanya Rabu (13/12)

Lanjut beliau lagi, apalagi bagi perusahaan BUMN yang ada ditingkat cabang dan/atau status masih kelas II kebawah, tentu masih ada pimpinan, atasan yang lebih tinggi, jika keputusan yang dibuat tidak sesuai dengan peraturan dan  perundang  undangan yang berlaku,apalagi kebijakan yang dibuat akan menimbulkan riak yang membuat aktivitas perusahaan tidak kondusif, maka pimpinan yang lebih tinggi akan memberikan sanksi, minimal sanksi Reputasi buruk, karena hal itu dianggp tidak cakap  dalam  mengatur manajemen perusahaan, apalagi tak sesuai SOP Perusahaan. Terangnya.

Dalam perusahaan BUMN ada aturan yang dibuat oleh Mentri terkait disebut kepmen dan ada juga peraturan disebut keputusan Dirut atau sebutan lain sebagai konsederan dalam melaksanakan suatu kebijakan akan menjadi sebuah keputusan. Katanya tanpa menyebut salah satu perusahaan BUMN.

Lanjut beliau lagi.ada informasi salah satu perusahaan BUMN di kota Dumai diduga akan merumahkan beberapa dari karyawan mereka. Sementara pekerja tersebut sudah lebih 3 tahun bekerja di perusahaan itu.dan yang anehnya, pengganti pekerja yang di rumahkan itu akan  didatangkan dari luar Provpinsi Riau.

Seharusnya Mereka yang telah bekerja lebih dari tiga tahun, apabila dirumahkan atau PHK,maka harus mendapat pesangon dari perusahaan BUMN tersebut. Demikian pungkas beliau mengakhiri.,(aba,)***