Stand Kabupaten Siak Menakjubkan, Sempena MTQ XXXVI Provinsi Riau 2017 di Dumai


Kehadiran pengunjung distand itu ada yang hanya sekedar untuk melihat dan ingin tau tentang keberadaan Kabupaten Siak serta melihat potensi daerah dari petugas stand, namun ada juga warga yang berkunjung itu berbelanja barang-barang yang dijajakan.

Sementara pengunjung yang mampir disitu ramai mengambil kesempatan mengabadi kan  wajah mereka dengan latar belakang stand bazar MTQ tersebut.

Kebetulan Stand dari Kabupaten Siak dan Rokan Rokan hilir bergandengan, stand itu menjadi stand yang paling ramai dikunjungi masyarakat selain stand bazar dari Dumai sebagai tuan rumah.

Helat MTQ tingkat Provinsi ini merupakan moment tahunan, sudah 36 tahun lamanya helat ini diselenggarakan di masing masing daerah kabuparen kota sesuai jadwal serta kesiapan daerah itu sendiri,Nunun acara ini tentu dapat dijadikan ajang promosi wisata religius dan nilai nilai Budaya daerah, karna masing masing daerah itu membawakan  orang terbaik dinegerinya,  para para  juara  berhimpun pepat di Dumai untuk menguji kebolehanya masing dari 7 cabang yang di perlombakan.

Sementara dalam kesempatan yang sama  rombongan kontingen juga membawa nilai nilai kearifan lokal yang menjadi ciri –  ciri khas budaya daerah itu sendiri dan diiringi dengan  produk unggulan sesuai potensi dan kreatifitas nilai seni yang akan mereka tampilkan dalam stand mereka seperti apa yang disaksikan pengunjung saat ini.

Helat itu juga menjadi perekat hubungan silaturahmi antar masyarakat kabupaten kota yang ada di provinsi Riau ini,

Disisi lain, dengan adanya helat Akbar MTQ itu juga dapat menambah pendapatan bagi UKM dan PKL karena saat itu  pengunjung yang hadir bukan saja hanya melihat lihat tapi sudah tentu mereka akan tertarik hati berbelanja karena banyak produk tersebut yang  baru mereka lihat dapat dijadikanya buah tangan untuk dibawa pulang kerumah

Masih berita yang sama, diatas panggung Astaka nan elok dan indah itu,  para juara qori dan Qoriah dari daerah masing masing sedang melantunkan seni irama dantajwid  membaca ayat suci Al quran. Terdengar Sayup sayup suara emas nan merdu disaat para qori membaca surah suci itu,sehingga menusuk sampai ke lubuk hati yang paling dalam, dan saking merdunya qori tersebut melantunkan ayat suci Al quran,  tak jarang para penonton itu tanpa disadariya dengan spontanitas lansung menyambut dengan “takbir”  disaat qori selesai saja membaca sebaris ayat. ” Allah…Allah..”.suara  mereka keluar serentak tanda keriusan hati disaat itu. (aba)**

potensi menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.sehingga helat akbarMTQ itu merupakan potensi

Ayusalah seorang pengunjung mengatakan sengaja datang mengunjungi stand hanya ingin berfoto karena bangunan yang ada sangat cantik dan megah.

“Saya datang kesini bersama teman teman untuk sekedar melihat dan berfoto di stand bazar selain berbelanja di stand yang ada,” katanya.

Pantauan dilapangan astaka MTQ ke-36 Riau di Kota Dumai juga masih menjadi daya tarik bagi pengunjung. Masi banyak pengunjung yang berfoto dengan latar belakang astaka dan panggung utama MTQ.(hms)**