Zul As Optimis, Spam Regional Durolis Berjalan Sesuai Rencana


Wasiatriau.com –  Terkait Program Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional    Kota Dumai,Kabupaten rohil dan Bengkalis (DUROLIS) langsung mendapat sambutan dari warga. Pasalnya air minum itu sudah bertahun tahun ditunggu masyarakat.

Tentunya Program SPAM DUROLIS itu akan segera terwujud. Pasalnya acara peletakan batu pertama ( ground breakung ) telah di laksanakanya peletakan batu pertama  di daerah Kecamatan Tanah Putih, Tanjung Melawan.(8/12). beberapa bulan lalu.

Berdasarkan informasi yang diterima saat itu telah ada Kesepakatan bersama antara Direktorat Jendral Sumber Daya Air (sda) Kementerian Pekerjaan Umum  dan  Perumahan  Rakyat dan serta Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kota Dumai, dan Rokan Hilir serta Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Gubernur Riau,H. Arsyadjuliandi Rachman
berharap pembangunan”SPAM Durolis ini agar dapat dilaksanakan secepatnya pekerjaan proyek ini, karena katanya lagi, “SPAM inilah yang sangat dinanti  nantikan oleh warga masyarakat di pesisir timur provinsi Riau ini”. Terangnya.

Upaya Pemerintah Riau bersama dengan Kementrian PUPR dan ketiga Pemerintah Kabupaten/Kota yakni Dumai,Rohil serta Kabupaten Bengkalis secara sinergik akan mewujudkan pelayanan air minum yang layak bagi masyarakat di ketiga wilayahan tersebut. Ujarnya.

Spam Regional Durolis ini bersumber dari sungai rokan rohil dengan berbagai proses penyulingan, dan untuk tahap1(2017-2018) akan menelan biaya Rp.800 Milyar, dimana dana tersebut bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten /Kota.

Pada tahap pertama ini,  enam kecamatan di kota Dumai lebih dulu menikmatinya, di Dumai Kota, Dumai Barat,Dumai Timur dan Dumai Selatan. Sementara itu Kabupaten Rohil ada empat  kecamatan, sementara Kabupaten Bengkalis ada dua kecamatan.

Kemudian lanjut beliau lagi, pembangunan jaringan pipa distribusi yang cukup panjang untuk melayani Dumai, untuk wilayah Duri Kabupaten Bengkalis,insyaallah pada akhir tahun  2019 akan dapat dinikmati. Ujarnya

Walikota Dumai, H. Zulkifli As mengatakan terkait SPAM Regional Durolis yang sedang berjalan,ketika melewati bukit timah kearah rohil akan melihat pipa sudah terpasang.

Lanjut beliau lagi melalui pesan singkatnya, diareal kelurahan bukit timah, telah mulai dibangun stasion kontrol oleh Provinsi Riau dan tambah orang nomor satu kota Dumai itu lagi menjelaskan, sudah hampir setahun membentuk tim percepatan air minum dan ” Insyaallah, bulan Maret tahun 2018, kita sudah bisa lelang ITK PDAM Dumai dengan dana swasta. Ujarnya.

Masih ucapan beliau menerangkan, bahwa pembukaan pemerkasa mulai dari tanggal 2 September sampai dengan tanggal 5 Oktober 2017, dari 7 perusahaan yang ikut diseleksi ,3 peserta yang diumumkan untuk rangking 1,2 dan rangking 3,karena peserta yang lulus tersebut akan membuat DID dan ditargetkan selesai bulan Februari 2018. Sementara DID tersebut akan ditenderkan pada bulan Maret 2018.

Zul As berharap kepada masyarakat Dumai agar dapat memberikan dukungan  terkait proses pelaksanaan Spam Regional Durolis tersebut, semoga proses pembangunanya dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharap-harapkan. Demikian harapan beliau mengakhiri (aba)***.