Pengulu Jambol, Diangkat Menjadi Kerapatan Adat 1930.


Wasiatriau.com- Pengulu Jambol adalah orang yang pertama di kota Dumai yang menjabat kerapatan adat yang diangkat oleh Sultan kerajaan Siak Sri Indrapura pada tahun 1930.

Berdasarkan surat keputusan (Besluit) dari Sultan Siak Sri Indrapura, nomor:60,tanggal 3 April 1930 Masehi dan bersamaan 3 Zulkhaijah 1340 H.

Penghulu Jambol adalah tokoh masyarakat Melayu Dumai,beliau saat itu diangkat oleh Sultan Siak Sri Indrapura sebagai penghulu pangkalan sesai. Sehingga nama penghulu Jambol cukup tersohor dikalangan orang Dumai saat itu, dan sampai sekarang nama penghulu Jambol tetap dikenang terutama bagi orang Melayu asli Dumai, karena  jasa bakti beliau menjaga kedaulatan kampung Dumai disaat menjabat sebagai penghulu.

Setelah kepemimpinan penghulu Jambol berakhir, sultan Siak Sri Indrapura melantik  anak beliau, penghulu sulong pada 3 April 1934 M, bertepatan 3 Zulkhaijah 1340 H.

Setelah 2  tahun penghulu sulung menjadi penghulu kampung pangkalan sesai, maka Sultan Siak Sri Indrapura mengkurniakan Kepada  penghulu sulung dinobatkan untuk melanjutkan kepemimpinan ayahnda beliau jabatan  kerapatan onderdistrik pangkalan sesai.

Dumai saat itu adalah distrik kepenghuluan salah satunya adalah Kampung pangkalan sesai. Sebelum tahun 1930, kerajaan Siak Sri Indrapura sudah melantik penghulu kampung pangkalan sesai untuk menjaga negeri dibawah takluk kerajaan Siak. (aba)