Tari Zapin Ya Umar, Tarian Persembahan Raja


Wasiatriau.com –  Tarian zapin merupakan tarian arab yang berkembang pesat di Riau, kenapa tidak,karena Masyakat Melayu Riau edentik dengan Islam,apalagi kerajaan siak Sri Indrapura merupakan kerajaan Melayu Riau memegang peranan penting sebagai pusat penyebaran agama Islam dan serta budaya Melayu.

Namun ada beberapa seni tari Sapin sudah terlupakan saat ini,berdasarkan keterangan Tengku sayeid Ridwan, seperti tarian zapin “Ya Umar “,  tari Sapin tersebut merupakan tarian  persembahan untuk para Raja – raja dan pembesar yang selalu dimainkan pada hari besar kerajaan Siak Sri Indrapura saat itu.

Menurutnya, ada beberapa lagu dan jenis tarian zapin yang dipersembahkan disaat helat kerajaan atau pada acara adat, tapi yang paling dikenal tarian ya Umar, karena seni tarianya, sebab para penari langsung memainkan marwas.

Masih ucapan mantan pegawai itu, tarian ya Umar itu berpasangan, dua pasang atau bisa dibawakan tiga pasang penari, mereka menari sambil memukul marwas. Berbeda dengan tarian zapin umum lainnya, ungkap Tengku sayeid Ridwan itu, kebetulan beliau dulu juga pemain dan sekaligus pengarang tari zapin ya Umar tersebut.

Langkah tarian zapin itu berdasarkan dari falsafah Islam, ” tiga langkah,artinya hidup, mati dan hidup,”itu ciri ciri khas langkahnya karena seni tarian itu sangat erat kaitannya dengan nuansa islami. Ujarnya.

Sementara,kata Tengku Sayeid Ridwan lagi, beliau sudah lama ingin menghidupkan lagi tari zapin ya Umar tersebut, namun katanya belum bertemu dengan kawan kawan yang sepaham, maksudnya yang hobby dengan tari zapin. Karena kawan dari group  beliau  dulunya ada yang sudah meninggal dunia, seperti pemain gambus. Katanya.

Saat ini beliau sedang menghimpun kawan untuk membangun kembali kelompok tari zapin lama itu, setelah dapat maka beliau akan mendirikan sanggar zapin ya umayah, sambung beliau lagi,  akan menghidupkan kembali tarian zapin ya Umar, terutama di kalangan generasi muda Melayu. Demikian terang beliau mengakhiri.(aba)***