Bengkalis Negeri bertuah, Masyarakat Hidup Rukun dan Harmonis


wasiatriau.com – Kota bengkalis jika dilihat dari laut tidak tampak kemegahanya, biasa biasa saja. Namun kota itu ternyata Negeri bertuah. Pasalnya Kabupaten Bengkalis adalah daerah Terkaya nomor dua setelah Kutai.

Memang kota Bengkalis terletak disebuah pulau kecil, berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

Kononya pulau bengkalis itu disebut pulau perca,pulau hanyut dari tanah Jawa, karena pulau tersebut ukuranya kecil seperti perca kain. Namun jika dilihat dari peta, rada rada berbentuk pistol.

meskipun pulau tersebut kecil,tapi disitulah ibukota kabupaten Bengkalis. merupakan kabupaten induk, dan melahirkan beberapa daerah kabupaten/kota seperti kota Dumai, kabupaten Rohil, Siak dan terakhir  melahir kan daerah kabupaten kepulauan Meranti. Sementara daerah tersebut juga termasuk daerah yang kaya dengan hasil buminya.

Penduduk pulau Bengkalis mayoritas suku Melayu dan beragama islam, namun juga ada suku Jawa, akit, cina dan suku lainya. mereka hidup berdampingan satu dengan lainnya rukun dan damai. Kerukunan hidup bermasyarakat dan beragama terbangun sejak dari nenek moyang mereka dulunya sampai ke anak cucu saat ini tetap selalu hidup rukun dan damai. Dan saling tolong menolong, terbuka untuk siapa saja yang masuk ke pulau Bengkalis tersebut.

Kota Bengkalis bukan saja Negeri terkaya, namun dipulau perca ini banyak tersimpan peninggalan sejarah, lagenda masyarakat melayu bengkalis. Nilai nilai kearifan lokal tersebut  telah digali dan dilestarikan oleh pemerintah kabupaten Bengkalis, hampir disetiap desa ada sejarah dan cerita rakyat yang telah menjadi situs budaya dan cagar budaya merupakan aset daerah kabupaten Bengkalis. Demikian pantauan awak media di pulau Bengkalis.(aba)***