LAMR Siak Ditabal, di Negri Para Raja Yang Berdaulat.


Wasiatriau.com- Suasana disaat detik detik penambalan Datuk Lembaga Adat Melayu Riau ( LAMR )Kabupaten Siak berlangsung penuh hikmat.pada hari kamis, ( 08/02) di gedung LAMR Siak.

Perhelatan akbar adat istiadat orang orang melayu didalam gedung balai adat Siak itu sayup sayup baik nak sampai saja ditelinga warga yang kebetulan berkunjung ke negeri siak sedang duduk duduk bersantai ditepi Suak siak sambil menikmati suasana alam  disekitar sungai Siak.

Tiba tiba suara riuh itu hilang sesaat, heling penuh hikmat tanda prosesi penambalan akan dimulai.

Sementara didalam ruang balai adat mata tertuju pada sekelompok orang berpakaian Melayu berbaris berjajar, berdiri tegap dan gagah berwibawa bak tokoh  panglima dan Hulubalang melayu penjaga raja,dan negeri pelindung  rakyat jelata Tempo Doeloe. dan
Mereka itu adalah tokoh tokoh masyarakat Melayu Negeri para Raja sebagai pengurus LAMR Kabupaten Siak.dan yang akan ikut berperan serta dalam arah  kebijakan dan program pembangunan Negeri kabupaten siak yang berdaulat tersebut terkait dengan Adat istiadat budaya orang Melayu Riau.

LAMR merupakan satu satunya organisasi orang Melayu sebagai payung Negeri guna untuk menjaga Marwah adat istiadat orang Negeri Melayu yang identik dengan Islam.

Dalam helat Akbar itu hadir Bupati Siak, Syamsuar, rombongan LAMR Provpinsi Riau,dan Pengurus LAMR kabupaten/kota se Provpinsi Riau serta ratusan masyarakat Siak.

Tantang kedepanya memang cukup berat dan perlu penyesuaian  sebagai pemegang amanah menjaga marwah Melayu tersebut Kenapa tidak, sebab transpormasi budaya globalisasi dan berbagai faktor lainnya itu telah masuk ditengah kesendi kehidupan masyarakat itu sendiri. Sementara budaya global tersebut sangat bertolak belakang dengan budaya timur itu sendiri terutama dengan budaya Melayu yang identik Islam.

Sementara target Riau berdasarkan visi misi Riau 2020 menjadikan pusat budaya Melayu masih dalam proses penataan dan penguatan dalam satu sistem. Salah satu melalui wadah itu ada pada LAMR sebagai wadah resmi payung negeri. (aba)