RPJMD 2018, Amanah Permendagri Nomor 18 tahun 2017

riaupotenza.com
Wasiatriau.com – Walikota Dumai H Zulkifli AS Senin (19/2) secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Perubahan , Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Dumai tahun 2016-2021. di gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung Kota Dumai.
Turut hadir Ketua DPRD Kota Dumai Gusri Effendi beserta Fraksi dan Komoisi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Dumai, Utusan Bappeda Provinsi Riau, Sekretaris Daerah Kota Dumai H M Nasir MP, staf Ahli dan para Asisten, kepala bappeda Kota Dumai Muhammad Syafie,Inspektur, kepala Badan, Dinas, kepala Bagian serta Camat dan Lurah sekota Dumai, Pimpinan Instansi Vertikal, ketua Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai, Pimpinan BUMN, perusahaan swasta pimpinan Bank sekota Dumai, serta pimpinan Perguruan Tinggi sekota Dumai, ketua LPMK sekota Dumai, sejumlah tokoh masyarakat, Alim ulama, cerdik pandai, dan tokoh Pemuda, insan Pers, Mahasiswa dan lainnya.

Walikota Dumai H Zulkifli AS mengatakan, dalam rangka mewujudkan organisasi dan sinkronisasi serta penyesuaian antara kebijakan daerah dengan Perubahan Kebijakan Pemrintah Pusat, maka sejak triwulan 3 tahun 2017, Pemko Dumai telah melalui proses awal perubahan Perda Nomor 8 tahun 2016 tetang RPJMD kota Dumai tahun 2016 – 2021. dan evaluasi terhadap RPJMD 2016- 2021 akibat berubahanya kebijakan nasional terkait perangkat daerah yang tertuang dalam peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016. Ujarnya

Dikatakan, Perubahan RPJMD kota Dumai merupakan Amanah Permedangri nomor 86 tahun 2017, tentang tata cara perencanaa pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Ranperda tentang RPJPD daerah,  RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD,dimana dijelaskan bawah proses penyusanan perubahan RPKPMD sama dengan proses penyusunan RPJMD baru dan ini dikoordinasikan kepada Pemerintah Provinsi Riau selaku wakil dari pemerintah Pusat di daerah.

Terang Zulkifli As dalam pidatonya, bahwa ”Musrenbang Perubahan ini sangat penting dan  strategis untuk menyempurnakan Dokumen perencanan pembangunan guna mencapai visi pembangunan kota dumai tahun 2016 -2021, dalam mewujudkan masyarakat makmur dan Madani tahun 202.

Musrenbang ini juga menandai berjalannya proses kooridor perecanaan pembangunan dan antisipasi dalam penataan perecanaan dikota Dumai’. jelas Zulkifli AS.

Secara substansi,perubahan RPJMD dikota Dumai karena adanya penyesuaian terkait adanya prubahan kebjiakan pemerintah Perangkat daerah dan Perencanana pembangunnan daerah, sehingga nantinya didalam dokumen RPJMD akan terjadi perubahan seperti perubahan sistematika penulisan,penyesuaian tujuan sasaran, dan penyesuaian indikator, serta penyesuaian program dan lainnya, setelah proses konsultasi dengan pemerintah provinsi riau beberapa waktu lalu’. Ujar Walikota Dumai.

Sementara itu ketua panitia Musrenbang perubahan RPJMD dan juga sebagai Kabid Perencanaan, evaluasi dan Litbang, Budhi Hasnul MSi menambahkan, pelaksanaan Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan yang dilakukan di dalam proses perubahan RPJMD Kota Dumai tahun 2016 2021, di mana sebelumnya telah dilakukan beberapa tahapan antara lain rancangan awal perubahan, penandatanganan nota kesepakatan perubahan bersama DPRD Kota Dumai, Konsultasi perubahan ke Provinsi Riau dan pelaksanaan konsultasi pablik dan sampai saat ini memasuki tahapan Musrenbang sebagaimana diatur dalam Permendagri 86 tahun 2017.

” Tujuan Musrenbang ini untuk penajaman penyelarasan klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan sasaran strategi arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal Perubahan RPJMD serta telah dikonsultasikan ke Pemerintah provinsi Riau, mempertajam indikator serta target tujuan sasaran dan program pembangunan  serta menyepakati Prioritas Pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan “. Demikian Terang  ketua Panitia Budhi Hasnul.(aba)***