Wasiat Riau Gesa Perda Nomor 3 tahun 2017 Segera Dilaksanakan


Wasiatruau.com – Terkait telah terbitnya Peraturan Daerah  (Perda) nomor 3 tahun 2017.  Tentang Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai. Diharapkan perda itu segera direalisasikan. Demikian ujar Ketua LSM Wasiat Riau, A. Bakri.Mz.

Perda nomor 3 tahun 2017 secara eksplisit memberi batasan yang jelas tentang tugas, wewenang dan hak LAMR Dumai tersebut untuk mengayomi masyarakat adat disuatu wilayah hukum adat yang ada di daerah.

Secara legal formal, Perda nomor 3 tahun 2017 itu telah  ditandatangi oleh Sekretaris daerah dan walikota Dumai, ditetapkan di Dumai, tertanggal 27 Februari 2017.

berdasarkan konsideran Perda nomor 3 itu  sesuai dengan undang-undang yang lebih tinggi, seperti undang undang dasar 1945, pasal 18 ayat (6) dan serta undang undang nomor. 16 tahun 1999 tentang pembentu kan Daerah KotaMadya Daerah Tingkat II Dumai. Begitu juga dengan Undang undang Nomor 17 tahun 2013 tentang   Organisasi Kemasyarakatan. Sementara itu juga telah sesuai dengan  Undang undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah  sebagai mana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah ( lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2015 Nomor 58, tambahan lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679).

Berdasarkan pantauan beliau, Perda nomor 3 tersebut,sudah sesuai dengan Perundang undangan yang berlaku, kata Ketua Wasiat Riau itu menambahkan, tentu tidak ada lagi hambatan bagiLAMR Dumai melaksanakan Perda tersebut. Ujarnya

Apalagi Perda nomor 3 itu sudah keluar hampir setahun yang lalu, tertanggal 27 Februari 2017. tentunya sudah ada langkah konkrit yang dilakukan, seperti Sosialisasi kepada masyarakat Dumai.Sehingga Perda yang sudah diterbitkan tersebut,sudah bisa diimplementasikan ketengah masyarakat Dumai.Agar masyarakat Melayu Dumai dan serta masyarakat Dumai umumnya dapat dengan jelas memahami maksud dan serta tujuan Perda tersebut terhadap masyarakat hukum adat wilayah Dumai khususnya.ujar beliau.

Ditempat terpisah, Ketua DPH LAMR  kota Dumai, Datuk Syahruddin menjelaskan bahwa Perda nomor 3 tahun 2017 tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini” Kita sudah mempersiapkan perencanaan dan intrumen lainnya untuk meluncurkan perda tersebut”.Ujar Datuk Syahruddin saat dijumpai diruang kerja beliau Beberapa hari lalu.

Tambah Datuk Syahrudin lagi. mengimbau kepada masyarakat kota Dumai umumnya, mengajak disaat peluncuran Perda nomor 3 tentang LAMR Dumai nantinya, ” secara bersama mari kita sukseskan dan patuh dengan petunjuk apa yang tertuang dalam perda tersebut”. Demikian Imbauan Datuk Syahrudin mengakhiri. (aba)***