Disnakertran Giatkan Pelatihan Padat Karya dan TTG 


wasiatriau.com – Terkait ketatnya persaingan pencari kerja lokal (PKL)Kota Dumai, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Dumai,H.Suwandi  ternyata punya kiat yang tepat untuk menjawab tantangan saat ini dengan menggelar beberapa jenis program pelatihan pemagangan bagi pemuda Dumai.

Program  pelatihan pemagangan  padat karya dan teknologi tepat guna tersebut digalakkan bagi pemuda yang sudah tamat dan juga yang putus sekolah. Ujarnya

Saat ini beliau  sedang membuat pelatihan teknisi AC, katanya dalam upaya  untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama generasi muda,sehingga nantinya peserta tersebut kata kadis Nakertran itu menambahkan, dapat dijadikan modal dasar mereka, sehingga skill yang mereka pelajari itu tentunya dapat diberdayakan  ketika mereka bekerja maupun berwira swasta.

Sambung Kepala Dinas Nakertrans  Dumai  itu Menjelaskan,  bukan hanya pelatihan teknisi AC yang beliau Laksamana saat ini, tapi ada juga pelatihan kursus komputer, peserta pelatihan komputer tersebut imbuh beliau, sedang  berjalan dan lokasi belajar ditempatkan di jalan ombak/ Hasanudin. Terangnya.

Berdasarkan pantauan awak media wasiatriau.com di balai latihan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Dumai, Selasa (17/04). Sebanyak 16 orang peserta siswa laki laki sedang mengikuti pelatihan pemagangan ” Teknisi AC”.

Saat ditanya awak media beberapa dari siswa peserta tersebut, meraka adalah tamatan SMK (STM) dan satu orang lulusan SMA, 

Sebanyak 16 siswa peserta pelatihan teknisi AC itu direkrut dari 7 kecamatan se kota Dumai.

Para Peserta Pelatihan teknisi AC tersebut langsung didapingi oleh Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia (APITU) dan beberapa personil APITU  itu sekaligus menjadi tutor pembimbing pelatihan.

Ketua DPC APITU Dumai, Wedi Kusianto  menyebutkan, terkait acara Pelatihan tersebut antara lain tentang dasar Refrigrasi, ACC Splitter dan kulkas, bagaimana cara pasang, Servis dan perbaikan AC. Demikian Terang wedi saat ditanya melalui WhatsAppnya. (aba)***