Siak Bersholawat Helat Haul Akbar Kesultanan Siak Dihadiri Para Habaib dan Ulama


WR.com – Sempena Helat Siak bersholawat dalam rangka Haul Akbar Kesultanan Siak bersama para Habaib dan ulama tersebut berlangsung penuh hikmat, pada Sabtu (21/04) malam di lapangan depan istana Siak.

Berdasarkan pantauan di lokasi, para ulama dan Habaib yang menghadiri haul Akbar saat itu datang dari berbagai daerah provinsi dan kota seperti Habaib dari daerah kabupaten kota yang ada di Riau. Provinsi Jambi, Pelembang,Jakarta dan beberapa provinsi di Jawa, turut juga hadir Habaib dari kaliman, malah ada yang datang dari negara tetangga Malaysia, Singapura dan berunai.

Juga Turut serta hadir dalam acara haul Akbar Kesultanan Siak tersebut, Plt Bupati Siak Alfredi, sejumlah OPD kabupaten Siak, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat Kabupaten Siak

Berdasarkan informasi dari salah seorang Habaib yang tidak mau disebutkan namanya, helat Haul ini diselenggarakan sudah yang ke tiga kali. Ujarnya singkat

Para Habaib tersebutkan adalah memiliki silsilah Zuriat garis keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW. Mereka terdiri dari beberapa Fam, seperti Alatas Assegaf dan beberapa Fam lainya

Selama prosesi haul Akbar itu berlangsung,para babaib terlihat cukup kompak meskipun datang dari daerah yang berbeda beda.

Seperti para Habaib dari provinsi Jambi saat itu berperan sebagai koordinator orang dapur mereka dibantu Habaib dari jakarta dan bengkalis.mereka berperan guna untuk melayani konsumsi yang datang dari berbagai daerah.

Begitu juga personil sebagai pengamanan haul akbar tersebut terdiri dari FBI provinsi Riau dan kabupaten Siak.Sementara Satpol PP, personil Dishub Siak polisi dan TNI turut serta menjaga dan mengatur arus lalulintas.

Puluhan personil FBI provinsi Riau dan Siak berseragam putih putih tetap siaga diatasi pentas mengamankan tokoh Habaib dan ulama ternama yang datang dari berbagai daerah provinsi tersebut

Beberapa orang habaib ternama turut hadir di dalam acara haul Akbar Kesultanan Siak tersebut seperti Habib Anis Syahab, Habib Muchsin Alatas, Habib Mustofa Al Hamid, Habib Alidin Assegaf dan Tuangku Sekh Muhammad Hanafi Arabbani.

Ketua Panitia pelaksanaan Habib Umar, beliau adalah Habaib Siak terlihat sibuk mengatur prosesi acara yang sedang berlangsung.

Untaian acara Siak bersholawat Sempena haul Akbar Kesultanan Siak memang cukup hikmat dan meriah. Pasalnya acara itu diisi dengan berbagai kegiatan islami seperti ratip adat alatas,Sholawat Nabi, Tausiah dan doa. acara itu ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia raya. Demikian pantauan wasiatriau.com (aba)