Amril Mukminin Canangkan Gernas Baku


Bengkalis – Usai upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 Tingkat Kabupaten Bengkalis, Bupati Amril Mukminin, Rabu, 2 Mei 2018 mencanangkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) pada anak usia dini (PAUD) tingkat Kabupaten Bengkalis.

Pencanangan Gernas Baku ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Bunda PAUD Kasmarni, Sekretaris Daerah Bustami, Wakapolres Bengkalis Kompol  Ade Zamrah dan sejumlah anggota DPRD Bengkalis Dapil Kecamatan Mandau.

Amril  Mukminin menyambut, pencananganan Gernas Baku ini sangat baik, karena sebagai upaya membiasakan anak-anak sejak usia dini untuk gemar membaca. Mengingat, saat ini anak-anak dihadapkan dengan pengaruh oleh  permainan gadget. Oleh karena itu,  saatnya orang tua untuk berperan aktif membacakan buku-buku di hadapan anak-anaknya.

“Melalui Gernas Baku ini, kami berharap orang tua maupun guru, untuk lebih berperan aktif membacakan buku-buku dongeng maupun cerita kepada anak-anaknya. Mamfaatkan waktu yang ada untuk membacakan buku kepada anak. Jika hal ini sering dilakukan, anak-anak akan terbiasa untuk membaca buku,” tandas mantan Kepala Desa Muara Basung ini.

Seperti diketahui, buku adalah jendela dunia dan jendela pengetahuan, dengan membaca akan membuka pengetahuan dan jendela dunia. Para orang tua, mesti menyempatkan diri membacakan buku untuk anak sehingga anak  terbiasa dengan buku.

“Saat ini kebanyakan anak waktunya dihabiskan duduk di depan TV dan bermain gadget, mari kita sama-sama sosialisasikan kepada orang tua murid kita masing-masing, agar orang tuanya bisa menyempatkan waktu untuk membacakan buku kepada anak-anaknya”. tambahnya

Dikatakan Amril, melalui Gernas Baku akan meningkatkan kemampuan komunikasi, menyampaikan ide anak, meningkatkan jiwa imajinasi, daya pikir anak, mempererat hubungan sosial emosi orang tua dan anak serta meningkatkan rasa ingin tahu.

“Dengan membaca pada anak jauh lebih penting daripada anak cepat membaca. Membaca untuk anak usia dini adalah kegiatan menceritakan gambar dan mengucapkan huruf yang dilakukan orang dewasa bersama anak.

Usai mencanangkan Gernas Baku, sebanyak 500 anak dan pengasuh PAUD bersama Bupati dan Bunda PAUD bersama-sama menyanyikan bertema Gernas Baku.  #Diskominfotik.