BBPOM Riau Didampingi Dinas Kesehatan Bengkalis Lakukan Intensifikasi Pengawasan Makanan

Sidak pasar

Wasiatriau.com – (BENGKALIS)- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Propinsi Riau, Kamis 24 Mei 2018 melakukan intensifikasi pengawasan bahan makanan di pasar, swalayan dan toko di Kota Bengkalis. Langkah ini untuk memastikan bahan makanan memenuhi standar, terutama selama bulan suci Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kepala Dinas Kesehatan Supardi, menerangkan tim pengawasan terdiri tiga kelompok, yakni Kelompok Pengawasan Bahan Makanan Jadi di pasar, swalayan dan pasar Ramadhan yang dipimpin Kasi Sarana dan Pasar Ramadhan, Martarina. kemudian Kelompok Toko Obat dan Apotik dipiming Kasi Pemeriksaan Eni Amalia dan Kelompok Uji Laboratorium Mikrobiologi dipimpin Murniati Purba.

“Selain dari tim teknis dari Dinas Kesehatan, intensifikasi pengawasan bahan makanan ini melibatkan ahli gizi, analis dan sanitarian dari PUskesmas Damon Kecamatan Bengkalis,” ungkap Supardi

Sebelum turun ke lapangan, tim BBPOM Provinsi Riau terlebih dahulu bersilaturahmi ke kantor Dinas Kesehatan di Jalan Pertanian, Bengkalis. Pada saat itu tim disambut oleh Plt Kadis Kesehatan, Supardi, Kabid Sumber Daya Kesehatan Mukholik, Kasi Kesehatan LIngkungan Efrina Dewi, Kasi Farmasi Edi Sudarto dan Kabid Pengembangan Produksi Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Burhanudin.

Setelah bersilaturhami, tim turun melakukan pengawasan bahan makanan jadi di pasar, swalayan, toko obat dan apotik sampai tengah hari. Selanjutnya pada pukul 16.00-18.00 WIB, tim akan turun lagi mengecek bahan makanan jadi di pasar Ramadhan.

Saat turun ke lapangan, rombongan BPPOM Propinsi Riau berjumlah 12 orang, terdiri dari tiga kasi dan 9 staf, didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Supardi bersama tim dari Dinas Kesehatan serta Kabid Pengembangan Produksi Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Burhanudin.

Sasaran pengawasan tim BBPOM bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, meliputi Pasar Terubuk Bengkalis, Pasar Ramadhan Simpang Sungai Bengkel, Pasar Ramadhan Simpang Tandun, Swalayan Pacceka, Swalayan 88, Toko Siang Malam, Pesona, MM dan Bakery.

Pada saat melakukan pengawasan bahan makan, tim BBPOM Propins Riau, juga mengambil sampel bahan makanan. Selanjutnya, sampel dilakukan uji laboratorium makanan pada siang dan sore hari. ( Kutipan Diskominfotik Bks ) aba.