Bupati Bengkalis Ajak Umat Islam Sambut Bulan Ramadhan Dengan Rasa Syukur Saat Sholat Tarawih Malam Pertama Di Mesjid Arafah


Waiatriau.com-DURI – Sesuai hasil sidang isbat, pemerintah melalui Kementerian Agama, Selasa petang kemarin, 15 Mei 2018, telah menetapkan dan mengumumkan secara resmi, 1 Ramadhan 1439 H dimulai Rabu malam, 16 Mei 2018. Artinya, mulai Kamis, 17 Mei 2018, umat Islam menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1439 H.

Untuk itu, bersama sekitar seribu umat Islam, Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0303 Bengkalis Letkol (Inf) Timmy Prasetyo Harmianto, menunaikan sholat tarawih malam pertama Ramadhan 1439 H di Masjid Besar Arafah, Duri, Kecamatan Mandau.

Ketika memberikan sambutan, Bupati Amril, baik atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1439 H.

“Kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1439 H, kepada seluruh umat Islam, khususnya dan teristimewa yang ada di Negeri Junjungan ini. Semoga amal ibadah kita diterima dan dilipatgandakan Allah SWT,” ujarnya.

Bupati Amril juga mengajak umat Islam di daerah ini, tidak terkecuali di Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau, untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1439 H dengan rasa bahagia.

“Mari kita sambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1439 H dengan penuh syukur, serta dalam nuansa persaudaraan yang rukun dan damai,” ajaknya.

Dikatannya, bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat, memiliki berbagai kelebihan dan keutamaan yang besar. Ramadhan juga merupakan bulan pengampunan, bulan dimana pahala dilipatgandakan, dan juga merupakan bulan penuh berkah.

Untuk itu, melalui puasa Ramadhan 1439 H ini, Bupati Amril mengajak umat Islam di daerah ini untuk meningkatkan kualitas iman dengan memperbanyak ibadah.

“Baik itu ibadah yang bersifat vertikal kepada Allah SWT, maupun bersifat horizontal kepada sesama manusia. Kalau ada tali silaturahmi yang terputus, mari kita ikat kembali. Mari kita perkuat ukhuwah islamiyah, sehingga momentum Ramadhan 1439 H ini benar-benar dapat menghindarkan kita dari perbuatan tercela,” ajaknya lagi.

Di bagian lain, Bupati Amril juga mengajak umat Islam di daerah ini benar-benar menjadikan ibadah puasa sebagai wujud pernyataan iman kepada Sang Khaliq yang ditunaikan secara paripurna. Dapat mengaktualisasikan hakikat dan maknanya dalam kehidupan sehari-hari.

Sempena Ramadhan 1439 H, bersama Dandim 0303/Bengkalis Letkol (Inf) Timmy Prasetyo Harmianto, Rabu malam, 16 Mei 2018, Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama ribuan umat Islam lainnya, menunaikan sholat tarawih berjamaah di masjid Besar Arafah Duri, Kecamatan Mandau.

Sebagai rasa suka cita menyambut Ramadhan 1439 H, dalam sambutannya, Bupati Amril menyampaikan beberapa pesan kepada umat Islam di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Sebelum menjalankan ibadah puasa, katanya, kita mesti saling memaafkan untuk membersihkan jiwa dari segala dosa yang terjadi akibat adanya kesalahan dan kekhilafan sepanjang saling berinteraksi sebagai sesama hamba Allah SWT.

Kemudian, benar-benar mempersiapkan diri secara maksimal. Meluruskan dan menguatkan niat untuk memanfaatkan bulan Ramadhan 1439 H ini, agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Mari kita tinggalkan semua perbuatan dan hal-hal yang bisa membuat kita berdosa di hadapan Allah SWT,” ajaknya.

Bupati Amril juga mengajak umat Islam di daerah ini untuk menguatkan niat guna melaksanakan ibadah zakat fitrah serta menuntaskan pembayaran zakat mal, agar rangkaian ibadah wajib bisa terlaksana dengan lengkap dan paripurna.

“Mari kita tingkatkan aktivitas sosial dengan menyantuni anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa, serta terlibat aktif dalam kegiatan mensyiarkan agama Islam di bulan suci Ramadhan,” ajaknya lagi.

Kepada generasi muda Islam di daerah ini, dia mengimbau agar tidak menyia-nyiakan kesempatan Ramadhan 1439 H dengan melakukan perbuatan yang tak bermanfaat dan mencelakakan diri sendiri dan orang lain.

“Hindari hal-hal yang bisa merusak iman dan menghancurkan persatuan. Mari kita makmurkan masjid dan tempat-tempat ibadah dengan berbagai kegiatan, baik ibadah fardhu berjamaah dan ibadah-badah sunnah lainnya,” pesannya.

Di bagian lain, Bupati Amril juga berpesan agar ibadah puasa jangan dijadikan alasan mengurangi kinerja karena rasa lapar dan dahaga. Tapi jadikanlah ibadah puasa sebagai dorongan untuk meningkatkan produktivitas.

“Karena setiap amal baik yang kita laksanakan pada bulan suci Ramadhan dinyatakan sebagai ibadah yang mendapat pahala besar di sisi Allah SWT,” ujarnya, mengingatkan.

Kepada para alim ulama, da’i, tokoh masyarakat, dan para pemuda, Bupati Amril juga berpesan agar menjaga kedamaian dan harmonisasi kehidupan masyarakat.

“Sampaikan pesan-pesan yang menyejukkan, menyentuh hati dan menghindari perbedaan pendapat dalam melaksanakan ibadah. Jaga kerukunan, sambil tetap waspada terhadap berbagai ancaman yang dapat mengganggu indahnya kebersamaan yang telah terbina baik selama ini,” pesanya.

Bupati Amril Mukminin kembali menegaskan, bahwa baik secara pribadi, keluarga maupun atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dia mengutuk keras tragedi bom di Surabaya dan penyerangan di Mapolda Riau, Pekanbaru, yang terjadi Rabu pagi tadi, 16 Mei 2018.

Terkait peristiwa bom di Surabaya dan penyerangan di Mapolda Riau itu, dia mengajak umat Islam di daerah ini mendoakan, agar korban yang meninggal dunia, diterima di sisi Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa. Dan, keluarga yang ditinggalkan, diberi ketabahan dan sabar menerima cobaan tersebut.

Kemudian, dia juga mengimbau warganya untuk tetap tenang. Tidak mengambil kesimpulan sendiri atas tragedi teror di kedua tempat itu. Apalagi kesimpulan itu bertendensi untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu.

“Percayakan kepada aparat yang berwajib untuk melakukan tugas sebaik-baiknya dan seprofesional mungkin. Mari kita berikan dukungan kepada aparat kepolisian untuk mengungkap teror bom di Surabaya dan penyerangan di Mapolda Riau tadi pagi secara tuntas apa motif dan siapa pelakunya,” pesan dan ajak Bupati Amril.

Di hadapan sekitar seribu umat Islam, pesan sekaligus ajakan itu disampaikan Bupati Amril ketika memberikan sambutan sebelum pelaksanaan tarawih malam pertama Ramadhan 1439 H di Masjid Besar Arafah Duri, Kecamatan Mandau, Rabu malam, 16 Mei 2018.

Selain Dandim 0303/Bengkalis Letkol (Inf) Timmy Prasetyo Harmianto dan Ketua Masjid Besar Arafah H Abdul Ridwan Yazid, sejumlah pejabat di Pemkab Bengkalis juga melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid tersebut.( kutipan Diskominfotik Bks ) (aba).