Kakan Satpol PP Dumai Segel Area Pekerjaanya Penggalian Pipa Gas


WR.com – Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) kota Dumai, Bambang Wardoyo mengatakan telah menyegel area proyek penggalian pipa gas. Ujar beliau saat ditemui disela acara syukuran menyambut bulan suci Ramadhan di kediaman walikota Dumai, Kamis malam ( 03/05) .

Tindakan tegas tersebut akibat mengganggu ketertiban umum dan banyaknya aset daerah yang tumbang disebabkan pelaksanan penggalian pipa gas. Ujarnya

Tindakan penyegelan Satol PP tersebut setelah menerima surat masuk dari instansi terkait. Ungkap Bambang singkat.

Namun beliau tidak menjelaskan secara rinci dari perusahaan mana atau sub kontraktor mana yang mengerjakan penggalian pipa gas tersebut. Mungkin itu tidak termasuk wewenang beliau

Berdasarkan pantauan awak media dilapangan, pelaksanaan pembangunan pipa gas di kota Dumai ternyata dibagi dua, ada yang dilaksanakan Perusahaan Gas Negara (PGN) dan serta anak perusahan Patra gas dan pegasol, Sedangkan informasinya yang mengerjakan pembangunan pipa gas dari duri ke Dumai oleh anak perusahaan Pertamina, Perta gas dan sub kontraktor perusahaan wahana dan PDC.

Proyek yang ditangani PGN yang dilaksanakan oleh subkontraktor Patragas dan pegasol itu sudah berjalan lebih kurang setahun itu ternyata sudah hampir rampung menyelesaikan penggalian dan penanaman pipa gas. Areal yang dilaksanakan, Mulai dari Dumai ke kawasan industri lubuk gaung dan kawasan industri Pelintung. Serta pembangunan optik stasion pipa gas di kelurahan bukit Batrem kecamatan Duma timur,

Pelaksanaanya terkesan berjalan lancar,tidak ada hambatan yang berarti, apalagi Sebelum mereka melaksanakan pekerjaan,mereka telah mengantongi persyaratan perizinan yang ditetapkan.

Begitu juga dengan persyaratan keamanan kerja dilapangan juga telah mereka penuhi, termasuk juga kegiatan sosialisasi kepada masyarakat lingkungan di areal pemasangan pipa tersebut.

Menurut keterangan dari salah seorang staf pegasol yang tidak mau diriliskan namanya bahwa PGN telahpun mengganti jika ada aset daerah yang rusak dan memperbaiki bangunan fisik milik warga yang rusak akibat pekerjaan tersebut. Ujar beliau.

Sementara pelaksanaan proyek penggalian dan pemasangan pipa gas dari Mandau kabupaten Bengkalis keDumai,informasinya dilaksanakan anak perusahaan Pertamina, perusahaan Perta Gas dan sub kontraktor perusahaan wahana dan Perusahaan PDC.

Penggalian dan pemasangan pipa gas sepanjang ruas jalan lintas Dumai – Pekanbaru melewati beberapa kelurahan kecamatan bukit Kapur dan dua kelurahan kecamatan Dumai timur serta kecamatan Medang kampai.

Berdasarkan pantauan saat melewati jalan bukit kapur, tidak ditemukan Plank nama proyek dan perusahaan disaat pekerjaan sedang berlangsung. begitu juga minimnya rambu keselamatan kerja yang terpasang, sedangkan pekerjaan dipinggir jalan lintas, dimana ribuan kendaraan lalu lalang melewati jalan tersebut.

Terlihat masih banyak lagi pipa gas tergeletak di sepanjang jalan raya lintas Dumai – sei Pakning yang sedang dikerjakan oleh perusahaan Petra Gas melalui subkon.Demikian pantauan awak media dilapangan. (aba)