Wako Imbau Karyawan Muslim Galakan Bayar Zakat

Berita Riau - wako-zulkifli-as-kejar-potensi-zakat-ke-perusahaan


INFOTORIAL

Wasiatriau.com-Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS bersama Ketua dan pengurus BAZ Kota Dumai H Rasyid Ridho beserta H Isman Jaya Nasution, terus mengejar potensi zakat ke perusahaan.
Seperti dilakukannya pada Jumat (4/5/2018), bertempat di lantai II ruang pertemuan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Dumai mengundang seluruh instansi dan perusahaan yang ada di Kawasan Pelindo guna mengajak karyawan yang muslim untuk melaksanakan zakat disalurkan melalui lembaga resmi yakni Baz, bahkan perusahaan atau instansi bisa membentuk UPT BAZ.
Walikota Dumai berkenaan dengan kegiatan ini menjelaskan pihaknya perlu bergerak terus untuk melaksanakan UU 23 tahun 2011.”Kami harus bergerak dan ini perlu dikejar hingga benar-benar terlaksana dengan baik. Memang realisasi zakat tiap tahun terus meningkat langkah ini diharapkan akan menambah keikut sertaan karyawan muslim di lingkungan perusahaan. Untuk Pegawai di lingkungan Pemko Dumai sudah hampir seratus persen,” Ujarnya
Zakat kata Wako sudah didistribusikan sesuai dengan delapan asnab yang berhak menerima zakat, baik untuk konsumtif dan produktif.
Sementara itu Rasyid Ridho menyebutkan zakat bagi karyawan perusahaan sesuai intruksi presiden zakatnya harus diserahkan ke daerah bukan ke pusat. Zakat bukan masalah baru dan tidak berubah rubah.

Disebutkan pendapatan suami istri dalam satu keluarga di atas Rp3,6 juta harus bayar zakat 2,5 persen. Dan potensi di Dumai diprediksi 10 ribu, sehingga potensi di Dumai Rp10 miliar per bulan, atau Rp120 miliar tiap tahun. Namun kenyataannya realisasi masih dibawah Rp4 miliar.
Saat ini di perusahaan yang memiliki UPT Baz adalah Wilmar, sementara yang lain belum ada. Dengan ajakan yang diadakan di PT. Pelindo ini diharapkan keikutsertaan karyawan dan instansi di pelabuhan dalam berzakat, yang merupakan kewajiban bagi kaum muslimin.
Hadir dalam acara tersebut, Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS, GM PT Pelindo Djuahery, manajer umum Pelindo Agus, Humas PT Wilmar Marwan Anugrah, humas PT Nagamas Palmoil Lestari Ardi, dan beberapa perusahaan lainnya.(aba)***