DPRD Bengkalis Hari ini Gelar Buka Puasa Bersama dan Silaturahmi, Santuni Anak Yatim

acara buka bersama dan silaturahmi DPRD Bengkalis

ADVETORIAL

Wasiatriau.com-(Bengkalis) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Bengkalis hari ini, Rabu (06/06) gelar acara buka bersama dan Silaturahmi bersama tokoh masyarakat dan anak yatim, di aula gedung DPRD Kabupaten Bengkalis.

Acara buka bersama dan silaturahmi tersebut berlangsung dengan penuh Hikmat. Pasalnya dalam untaian acara itu diselingi dengan agenda penyerahan santunan kepada anak yatim panti asuhan Dayang Darma dan penyerahan Cendramata kepada pengurus rumah ibadah Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis dan Penyerahan minuman secara simbolis kepada tenaga  honorer Sekretariat Dewan.

Turut hadir dalam acara buka bersama dan silaturahmi, seluruh anggota DPRD Bengkalis, Pengawai dan honorer Sekretariat Dewan, Forkompimda, OPD Bengkalis dan turut hadir Tokoh Masyarakat LAMR Bengkalis dan Tokoh Agama serta puluhan anak yatim dan serta sejumlah awak media Bengkalis turut hadir bersama.

Seperti lazimnya acara seremonial, untaian terib acara buka puasa bersama dan Silaturahmi tersebut diawali kata sambutan dari protokol, dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Sekretaris Dewan, Radius Akima,S.SoS, MT, dan Kata sambutan Ketua DPRD Bengkalis, H. Abdul Kadir, S.Ag.

Acara seromonial buka puasa bersama dan silaturahmi yang ditaja DPRD Bengkalis itu semakin terkesan dihati undangan yang hadir saat itu, setelah mendengar tausiah sebagai pengantar siraman rohani makna ramadhan bagi orang orang yang beriman dan ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ustadz H. Ali Ambar Lc, M.Pdi.

Dalam kata sambutan Ketua DPRD Bengkalis, H, Abdul Kadir, S.Ag diawali dengan penuh rasa syukur kehadhirat Allah swt, atas limpahan rahmat dan hidayah Nya, sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam rangka acara buka bersama dan sekaligus menjalin silaturahmi antara DPRD dengan Masyarakat Bengkalis.

Ucapan terima kasih beliau sampaikan atas kehadiran para undangan dalam acara buka puasa bersama dan silaturahmi ini, semoga acara ini dapat menambah mempereratkan lagi hubungan tali silaturahmi antara Dewan dengan Masyarakat Bengkalis.

Disela sela pidato beliau juga menyebutkan terkait gaji tenaga honorer sekretariat Dewan Bengkalis ” Kita berupaya meperjuangkan honorarium tenaga sekretariat Dewan ini semaksimal mungkin, agar lebih meningkat dari yang sebelumnya ” Ujar beliau

Ketua Dewan Bengkalis, H. Abdul Kadir, S.Ag, yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Pulau Rupat tersebut, terkesan sangat peduli dengan tenaga honorer terutama  tenaga honorer sekretariat Dewan Bengkalis.

Kepedulian beliau terhadap tenaga honorer bukan tanpa alasan, pasalnya beliau melihat langsung kinerja tenaga honorer mengabdi kepada negeri junjungan ini, namun upah yang mereka terima tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari hari dan biaya anak sekolah Sementara jika dilihat dari kondisi ekonomi saat ini semakin sulit. Ujarnya.

Beliau juga menyebutkan, santunan anak yatim merupakan satu kesatuan agenda acara buka puasa bersama dan silaturahmi, karena ini menjadi program rutin untuk saling berbagi, apalagi dalam bualan ramadhan ini, harus perbanyak beramal, bersedekah kepada anak anak yatim dan fakir miskin, sehingga mereka sama sama dapat menikmati keindahan suasana bulan suci ramadhan yang penuh rahmat ini dan hari raya idul fitri.

Masih ucapanya, beliau mewakili keluarga besar DPRD Kabupaten Bengkalis,  mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan sekaligus ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, ” Mohon Maaf Lahir dan Batin “.

Sesuai dengan tertib acara yang dipimpin protokol, dimulai dengan penyerahan santunan kepada anak anak yatim piatu panti asuhan Dayang Dharma yang langsung disampaikan Ketua Dewan Bengkalis dan didapingi Sekwan Bengkalis.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan cendramata pengurus rumah ibadah Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis langsung diterima oleh H. Ali Umar. dan selanjutnya acara penyerahan minuman secara simbolis kepada honorer sekretariat DPRD Bengkalis.

Acara buka puasa bersama dan silaturahmi diisi dengan tausiah ramadhan dan ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ustadz H. Ali Ambar, Lc, M.Pdi. beliau mengajak para hadirin dalam sepuluh malam terakhir ramadhan ini agar lebih ditingkatkan kegiatan ibadah malam, apalagi sepuluh malam terakhir merupakan malam lailatul kadar, malam seribu bulan, malam pengampunan.

Tausiah yang disampaikan ustadz tersebut dapat menjadi penyejuk hati dan menambah keyakinan meningkatkan kualitas iman dan takwa kepada Allah swt.

Masih berita yang sama, berdasarkan pantauan awak media wasiatriau.com di tempat acara, saat berbuka puasa suasana acara semakin akrab dan mencair, hadirin membaur menjadi satu, sesekali terdengar suara canda ria undangan memecah keheningan senja di gedung DPRD Bengkalis tersebut.

Begitu juga dengan sekelompok anak anak yatim,tergambar dari raut wajah anak anak yatim piatu tersebut rasa penuh kegembiraan, karena mungkin mereka dapat bersama sama berbuka puasa dengan para tokoh politik  dan para pejabat Kabupaten Bengkalis, meskipun usia mereka terbilang masih anak anak, namun dengan didikan kedisplinan yang ditanamkan kepada mereka, walaupun disela sela saat menikmati juadah puasa ada guarauan kecil dan bertingkah layaknya anak anak yang menggemaskan, namun mereka tetap terlihat tertib dan sopan sambil menikmati juadah berbuka puasa yang disediakan panitia.

Tak lama berselang, terdengar suara muazim mengumandangkan azan maqhrib, sontak para undangan yang asik menyantap menu buka puasa berhenti dan langsung menuju arah suara panggilan Ilahi itu untuk menunaikan sholat maqhrib berjamaah, tak terkecuali anak anak yatim piatu pun ikut bergegas menuju mushalla yang ada disekitar tempat acara tersebut.

Acara buka puasa bersama dan silaturahmi yang ditaja DPRD Bengkalis diakhiri dengan makan bersama dan bersalam salaman. Meskipun acara makan bersama tidak dapat berlangsung lama, karena mepet dengan waktu jadwal sholat isa dan sholat tarawih, namun masih sempat para undangan bercengkrama sesama mereka sambil menikmati hidangan yang telah disiapkan panita.  Demikian Pantauan wasiatriau.com (ind)