Sekda Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama malam 27 likur di Meskom


Wasiatriau.com. Sekretaris daerah ( sekda ) kabupaten Bengkalis, H. Bustami HY gelar buka bersama dan sekaligus pembukaan Iven menyalakan obor festival colok 27 likur. senin (11/06/2018) di desa meskom Bengkalis.

Turut hadir dalam acara buka puasa bersama sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten Bengkalis serta forkopimdakab bengkalis, camat bengkalis, sejumlah kepala desa turut hadir, tokoh masyarakat dan pemuda setempat.Hadir juga anggota dewan perwakilan Riau dan Dewan Bengkalis.

Bengkalis salah satu daerah yang membudayakan pasang colok 27 likur. Karena daerah ini adalah negeri Melayu, negeri junjungan yang selalu mengedepankan nilai nilai budaya kearifan lokal.

Festival lampu colok 27 likur itu sudah menjadi Iven kelender tahunan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan tepatnya saat memasuki malam 27 Ramadhan

Berbagai atraksi seni menghias lampu colok dilakukan pemuda Seperti sebuah bangunan mesjid, perahu layar bertuliskan Allah dan Asmaul Husna lainnya.

Pemuda kreatif membangun rasa kepedulian dan kekompakan saling bahu membahu bergotong royong memasang lampu colok berbentuk mesjid yang megah nan indah membuat orang orang terkagum saat melihat seni ukir yang asri dari tangan tangan pemuda yang terampil tersebut.

Budaya pasang colok 27 likur itu merupakan sebuah budaya lokal seperti daerah Riau dan daerah lainnya, namun Riau salah satu daerah yang menghidupkan dan melestarikan budaya malam 27 likur disaat bulan Ramadhan.

Bengkalis salah satu daerah yang ada di provinsi Riau menjadikan lampu colok sebagai Iven budaya yang diperlombakan setiap tahun khusus pada bulan puasa atau bulan Ramadhan. Biasanya acara dimulai pada 27 Ramadha. Demikian pantauan awak media di lokasi acara.

Masih berita yang sama, setelah buka bersama dan dilanjutkan dengan sholat fardhu Isa dan sholat tarawih, sekda bengkalis didampingi rombongan bersama sama langsung menyalakan obor pertanda festival colok 27 likur telah dimulai.

Masyarakat meskum ikut serta datang menyaksikan acara tersebut dan bukan saja warga setempat yang hadir, malah Berdasarkan pantauan awak media, ramai warga luar ikut menyaksikan helat Akbar bernuansa buaya Melayu tersebut.(aba)***