Wako Hadiri Sholat Id di Taman Bukit Gelanggang, UAS Ajak Ummat Islam Gemar Bersadakah

Wako beri sambutan, UAS Ajak Umat gemar bersedekah

Wasiatriau.com -Suasana Sholat idul fitri 1439 H di taman bukit gelanggang berlangsung hikmat. Meskipun lapangan agak basah karena diguyur hujan gerimis. Namun tidak menyurutkan niat ummat untuk datang menghadiri sholat fardhu kifayah tersebut. Jumat (15/06).

Turut hadir dalam acara sholat idul Fitri 1439 H,Walikota Dumai H.Drs. Zulkufli As, Ustadz Abdul Somad, Forkompinda,sejumlah OPD,Camat dan Lurah, Tokoh masyarakat, ulama dan ribuan masyarakat Dumai.

Sementara terpantau dari subuh, beberapa personil Satpol PP turun menguras air hujan yang membasahi lapangan tempat acara sholat Idul Fitri tersebut. begitu juga sejumlah personil anggota Polisi dan anak anak Pramuka siaga mengatur arus lalu lintas, terutama disimpang jalan umum, sedangkan Personil Anggota Dishub bersama Personil Satlantas Polres Dumai menjaga dan mengatur arus kandaraan di jalan pintu masuk ke lapangan bukit gelanggang. dan dilokasi Sholat, juga ada beberapa personil anggota polisi berpakaian lengkap menjaga keamanan dan ketertiban jamaah yang sedang melaksanakan sholat Id, dan turut hadir juga puluhan Ormas FBI.

Dalam kata sambutan walikota Dumai, Zul As mengucapkan selamat hari raya idul Fitri, dan atas nama pemerintah kota Dumai, beliau ucapkan ” mohon maaf lahir dan batin “. Kepada masyarakat Dumai,

Beliau mengajak masyarakat Dumai agar mempertahan hasil kemenangan yang diperoleh saat menjalankan ibadah puasa dan amal ibadah lainya selama bulan Ramadhan. dan beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menjaga ketertiban dan keamanan selama bulan suci Ramadhan.

Setelah sholat id, ustadz Abdul Somad selaku Khotib berpesan untuk dirinya dan jemaah sholat id agar dapat mempertahan amal ibadah yang telah dilaksanakan selama bulan Ramadhan.

Dengan berapi api suara beliau dengan lantang menyampaikan pesan dalam khutbahnya, bahwa apa yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan hendaknya tetap dijaga dengan baik. Ujarnya

Berbagai pesan yang bernilai ibadah beliau sampaikan, salah satunya mengajak masyarakat gemar bersedekah, sebab harta yang kekal dan menjadi naungan di akhirat nanti hanyalah harta yang disedekahkan,

” Harta yang dibelanjakan akan menjadi lapuk, dimakan menjadi busuk, hanya sedekah yang kekal dan menjadi naungan diakhirat”

Berdasarkan firman Allah dalam Al Qur’an mengingatkan kepada umat Islam, bahwa seseorang yang sudah meninggal memohon kehadhirat ilahi agar dihidupkan kembali walaupun semenit, lalu mereka menyebutkan jika diberi kesempatan hidup, mereka akan bersekah, begitulah pentingnya bersedekah. Ujarnya.

Jemaah sholat id selama khutbah berlangsung, mereka menyimak khutbah Ustadz Abdul Somad itu dengan penuh hikmat,

Hampir satu jam ustadz kondang itu memaparkan khutbahnya, dengan ciri khas beliau dengan tegas menyampaikan pesan dari Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah kiyas dan ijmak sahabat nabi dan para ulama.

Beliau menyebutkan, tingkatkan amal ibadah, tahankan diri agar bisa melupakan kesalahan orang lain dan suka memaafkan kesalan orang. Demikian pesan beliau.(aba)