PWRI Kota Dumai Telah Terbentuk, Dapat Menjadi Pelindung Indenfendensi Jurnalis


Wasiatriau.com – Dengan telah terbentuk Persatuan Wartawan Refublik Indonesia (PWRI) Kota Dumai langsung dapat sambutan hangat para jurnalis Dumai.

Apalagi PWRI sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas jurnalis dan mengakomodir para wartawan dalam menjalankan tugas mulia.

Diketahui baru baru ini telah terjadi krimilisasi terhadap para kuli tinta, independensi dikekang dengan berbagai dalih oleh yang merasa terusik dengan tajuk pemberitaanya. malah ada yang dijebloskan ke dalam jeruji besi, ada juga yang sampai meninggal dunia didalam penjara.

Kontroversi kebijakan oknum yang terkait,beberapa pihak yang mengatas namakan organisasi dan penggiat jurnalis pusat dan daerah menganggap hal tersebut sebagai salah satu pemicu awak media yang ada didaerah sering dilemahkan lalu profesi jurnalis sebagai penggiat sosial kontrol menjadi stagnan, karena takut tulisan yang dirilis terutama dugaan fakta kasus korupsi bisa dianggap pitnah dan macam macam, pada giliranya wartawan tersebut bisa dianggap salah sebab dianggap tidak kompetensi untuk memenuhi syarat sebagai seorang jurnalis.

Seperti yang dilansir beberapa media baru baru ini, beberapa personil wartawan di daerah ditangkap dan ada yang berujung kematian didalam penjara.

Kontroversi kebijakan membuat beberapa organisasi insan pers telah menggugat ke pengadilan dan sampai saat ini gugatan itu masih berlangsung,

Karana hal tersebut dianggap bertentangan dengan undang-undang pers nomor 40 tahun 1999, dan kode etik, dan apalagi kebijakan tersebut juga dianggap dapat menghambat ruang gerak profesi jurnalis didaerah untuk berekspresi.

Sementara tugas dan tanggung jawab serta fungsi wartawan itu telah diatur didalam undang undang pers nomor 40 tahun 1999, juga kode etik dewan pers dan serta undang undang ITE.

Dengan terbentuknya PWRI kota Dumai nantinya dapat dijadikan wadah pemersatu keluarga besar awak media khususnya di kota Dumai.

Ferry mengatakan, Keberadaan PWRI di kota Dumai ini untuk menyatukan media media online, cetak yang ada di kota Dumai di dalam satu Wadah wartawan yaitu PWRI. Ujar Ferry.

Sambung Ferry menambahkan PWRI juga sebagai alat kontrol sosial dalam Wadah yang besar. Demikian Terang ketua PWRI kota Dumai mengakhiri. (aba)**