Wako Dumai Paparkan Progres Pembangunan Saat acara Halal bi halal IKDKB


Wasiatriau.com- Ikatan Keluarga Dumai Kabupaten Bengkalis kota Dumai (IKDKB) hari ini adakan acara halal bi halal, senin malam (2/07/2018) digedung pendopo Sri bunga Tanjung.

Turut hadir dalam acara halal bi halal Walikota Dumai H. Zulkifli As. M.Si, Sekretaris Daerah H.M. Nasir, sejumlah Kepala OPD kota Dumai dan jajaran pengurus IKDKB kota Dumai, tokoh agama dan puluhan undangan.

Turut hadir juga ibuk Walikota Dumai, Hj. Aslinar beserta ibuk ibuk PKK kota Dumai.

Ketua harian IKDKB, DR.eng. M. Syahminan, ST.MT. mengucapkan terima kasih kepada undangan yang telah memenihi jemputan acara halal BI halal tersebut.

Acara halal BI halal IKDKB dapat terselenggara berkat kerjasama semua pihak, dalam kesempatan itu,beliau menyampaikan ucapan minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya idul Fitri. Ujarnya.

Walikota Dumai disela sela kata sambutan sekapur sirih, beliau menyampaikan ucapan atas nama pemerintah kota Dumai dan keluarga mohon maaf lahir dan batin kepada masyarakat, minal aidzin walfaidzin,selamat hari raya idul Fitri.

Pemerintah kota Dumai sudah melaksanakan pembangunan air minum, saat ini sedang berjalan, tim air yang dibentuk tahun lalu telah melaksanakan pelelangan yang diikuti oleh 9 perusahaan, setelah melalui proses seleksi, tinggal 3 perusahaan, Adi karya dan dua perusahaan swasta lainnya.

Sedangkan sistim pengelolaan air minum ( Spam )Regional, kota Dumai, Kabupaten Rokan hilir dan Bengkalis ( Durolis ) yang telah dilakukan peletakan batu pertama oleh kementrian SDM melalui Direktorat jendral sumber daya air tahun lalu di sungai Rokan Kecamatan tanah putih.

Anggaran Pembangunan Spam Regional Durolis dengan melalui APBN dan APBD provinsi untuk membangun pabrik penyulingan air dan pipanisasi, spam durolis kerjasama tiga daerah kabupaten kota, menurut informasinya kota Dumai Mendapat 6 Kecamatan, rohil 4 Kecamatan dan Bengkalis dua kecamatan Mandau dan pinggir.

Pembangunan pipanisasi dari sungai Rokan lokasi pengolahan air sampai perbatasan daerah kabupaten kota ditanggung oleh pusat, sedang Pembangunan dari perbatasan kedalam kota, seperti kota Dumai biaya pembangunan melalui APBD,malah Dumai telah dibantu oleh APBD provinsi Riau.

Tim survei dari pusat telah turun beberapa waktu lalu, mengecek kondisi kerusakan pipa. Kata Zul As, hampir dua Minggu mereka melakukan pengecekan pipa yang ada.

Sambung orang nomor satu kota Dumai itu lagi menambahkan, Pemerintah kota Dumai juga telah menyediakan program baju gratis bagi anak sekolah miskin, pakaian seragam anak sekolah miskin akan disalurkan kepada anak sekolah miskin yang baru masuk tahun baru belajar dan saat ini kata beliau sedang dalam proses tender. Yang dibantu ada pakaian dan ada sepatu. Ujarnya

Masih ucapan beliau, Pemerintah Dumai juga akan melakukan kerjasama dengan pihak swasta untuk pengelolaan penerangan jalan umum (PJU), guna untuk menghemat biaya listrik.karena Dumai selama ini membayar 1 miliyar perbulan penerangan lampu jalan. Dengan kerjasama tersebut nantinya akan dapat penghematan anggaran daerah. Demikian ujar beliau mengakhir.

Acara ditutup dengan ceramah agama dan doa yang langsung dipimpin oleh ustadz H.M.Rozali Akbar Saat.Ag.M.Ag.

Tausiah singkat terkait budaya halal BI halal berawal dari boleh dan membolehkan, maka budaya halal BI halal merupakan suatu tradisi baru setelah hari raya idul Fitri.

Sambung beliau lagi, saling maaf bermaafan, mau memaafkan dan mau meminta maaf, dan jangan hanya mau memaafkan saja, tapi tidak mau meminta maaf kepada orang lain, berarti itu namanya ego, Beliau mengajak jangan saat hari raya idul Fitri ini saja saling maaf memaafkan,tapi juga Setiap saat kita harus saling memberi dan menerima maaf serta minta maaf. Demikian pesan tausyiah beliau dan ditutup dengan doa. (aba)***