Warga Sesalkan Sampah Di TPS Bintan Menumpuk,Timbulkan Aroma Tak Sedap


Wasiatriau.com – Terkait sampah di lokasi tempat penampungan sementara (TPS) di jalan bintan menumpuk dan berserak serak , membuat warga Dumai menjadi resah.Pasalnya warga sekitar TPS terhidu aroma tak sedap.

Berdasarkan pantauan di lokasi TPS,sampah menumpuk tersebut terkesan menimbulkan bau tidak sedap,aroma sampah yang sudah mulai membusuk itu menyengat masuk ke hidung warga yang melintasi jalan tersebut.

Bukan saja aroma bau tak sedap, tapi tumpukan sampah berserak melimpah, diduga hal tersebut gara gara dikais oleh pengulung saat mencari targetnya didalam tumpukan sampah rumah tangga di lokasi TPS tersebut.

Tumpukan sampah tersebut juga terpantau di lokasi TPS disekitar persimpangan TPI kelurahan purnama. Tumpukan sampah itu berserak melimpah kejalan dan bau yang menyengat.tapi karena lokasi TPS agak sedikit jauh dari pemukiman warga, tidak ada yang merasa terganggu.

Masih berita yang sama,keritikan warga terkait banyaknya sampah menumpuk di TPS, bukan hanya datang dari warga lingkungan. tapi beberapa aktivis masyarakat Dumai pecinta lingkungan juga turut angkat bicara, Seperti yang dilangsir melalui dari salah satu whatsApp group.

Keritikan keritikan positif yang disampaikan oleh masyarakat selaku penggiat itu harusnya bisa dijadikan masukan yang berarti bagi pemerintah daerah dalam rangka untuk menjalankan roda pembangunan yang lebih baik lagi.karena keritikan positif yang mereka lakukan untuk kebaikan dan kepentingan umum semata.

Apalagi pelaksanaan rutinitas kebersihan tersebut agak sedikit rentan karena bersifat pluktuatif dan tergantung kondisi distribusi sampah yang dihasilkan rumah tangga. Apalagi dalam suasana lebaran, distribusi sampah tentu makin meningkat.

Seharusnya perencanaannya dan personil serta armada angkutan sampah yang harus diperhatikan apakan rasio distribusi sampah yang dihasilkan sudah Idial atau belum dengan jumlah kandaraan minimal armada yang standbay siap pakai serta jumlah personil. Jangan menunggu ada keluhan dari masyarakat terkait sampah yang menumpuk berbau tak sedap, baru kasak kusuk mau bertindak mencari solusi Apalagi mencari cari alasan klasik untuk mengelak, Seperti armada rusak dengan berdalih jumlah armada angkutan kuranglah. Sementara persoalan sampah merupakan salah satu hal yang penting bagi menjaga kebersihan lingkungan. Demikian pantauan di lapangan.