Hari Ini Capres dan Cawapres Jiko Widodo Ma’aruf Amin Ikuti Tes Kesehatan Selama 12 Jam Lebih.


Wasiatriau.com – Hari ini Capres dan cawapres Joko widodo dan Ma’aruf Amin tes kesehatan pada Minggu (12/08/2018) di RSPAD Jakarta.

Bakal capres dan cawapres Joko Widodo- Ma’aruf Amin telah usai melakukan tes kesehatan selama lebih dari 12 jam di RSPAD Gatot Soebroto, namun demikian Joko Widodo rampung dalam waktu yang lebih singkat dari Ma’aruf Amin.

Ketua umum pengurus besar (PB)ikatan dokter Indonesia (IDI) Ilham Oetama Marsis menyebut, perbedaan waktu tersebut karna terdapat perbedaan pengalaman antara keduanya, untuk Ma’aruf Amin pemeriksaan ini adalah yang pertama kali.

Kita ingat pemeriksaan Jokowi kan sudah 5 kali, sedangkan bagi cawapres ini pertama kali, ” ujar Ilham usai pemeriksaan.

Dia pun menganalogikan bahwa pemeriksaan kesehatan dengan tes psikologi, menurut dia, orang yang berulang kali mengikuti tes tersebut wajar akan lebih lancar mengerjakanya dibandingkan dengan orang yang baru pertama kali melakukan.

Tambah beliau lagi menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai bagian syarat pencalonan untuk pilpres 2019,

Pemeriksaan kesehatan dimulai sekitar pukul 08.00 wib, berakhir sekitar pukul 20.25 wib, Ilham menyebutkan pemeriksaan yang dilakukan merupakan pemeriksaan rutin.

” hanya saja menggunakan alat-alat modern yang lebih cepat,” ujar Ilham.

Terkait penilaian pemeriksaan, Ilham mengatakan, yang dinilai mengenai kemampuan keduanya untuk melaksanakan tugas secara fisik mandiri dalam jangka waktu 5 tahun kedepan

Berdasarkan informasi kandidat capres dan cawapres menjalani tes kesehatan sebanyak 14 tahap.

Tahap pemeriksaan kesehatan seperti mata, jantung dan lainya, pemeriksaan ditargetkan selama 7 jam, namun pemeriksaan tes kesehatan kandidat capres dan cawapres selama 12 jam lebih.

Seperti diketahui,kandidat capres dan cawapres selama menjalani pemeriksaan kesehatan ditemani oleh putra dan putri mereka.

Sementara kandidat capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno jadwal tes kesehatan pada Senin (13/08).

Personil dokter tes kesehatan di rscm itu berjumlah 50 personil. Demikian informasi yang dapat diterima awak media. (aba)*