Ir.H.Amir Ahmad Telah Diistiharkan Pewaris Raja Kerajaan Siak Sri Indrapura oleh LAMR


Wasiatriau.com – Pewaris zuriat raja kerajaan Siak Sri Indrapura Ir.H.Amir Ahmad secara resmi diistiharkan oleh lembaga adat Melayu Riau (LAMR) Riau saat acara penabalan pengurus LAMR kota Dumai.

Dalam pembacaan SK No. 16/VII/2018 Tentang susunan pengurus LAMR kota Dumai, didalam surat keputusan itu diistiharkan oleh sekretaris DPH LAMR provinsi Riau itu secara eksplisit senarai pewaris tahta daulat kerajaan Siak Sri Indrapura masuk dalam SK yang ditabalkan beberapa hari yang lalu,Selasa (13/08/2018) di gedung LAMR kota Dumai.

Penghistiaran Kumpulan pewaris daulat tahta raja kerajaan Siak Sri Indrapura diemban Ir.H.Amir Ahmad saat ini bertaustin di kota Dumai.

Senarai penghistiaran kumpulan Sri mahkota diraja junjungan daulat Melayu Riau yaitu pewaris tahta kerajaan Siak Sri Indrapura dan pewaris daulat Laksamana raja dilaut Bukit batu, Pewaris daulat batu hampar rokan hilir, dan pewaris daulat Sri bunga Tanjung,dan serta pewaris daulat batin Solapan.

Ir.H.Amir Ahmad salah satu dari Sri mahkota diraja junjungan daulat Melayu sebagai Pewaris keturunan raja raja kerajaan Siak Sri Indrapura, mengatakan disela sela acara pelantikan pengurus LAMR kota Dumai, mengucapkan terima kasih kepada LAMR yang telah menghistiharkan pewaris kerajaan Siak Sri Indrapura. Ujar Amir Ahmad.

Sebelum di istihar, berdasarkan informasi bahwa beliau selama ini telah melakukan kunjungan dengan pewaris garis keturunan kerajaan Siak Sri Indrapura baik yang ada di Riau, dan beberapa daerah lainya yang berdomisili di Indonesia maupun anak cucu cicit yang ada di negeri Malaysia, seperti Johor,malaka,Terengganu dan Singapura sampai di Berunai Darussalam.

” Kita sudah mengadakan kontak person dengan sejumlah pewaris kerajaan Siak Sri Indrapura yang ada di Kalimantan, Malaysia dan Singapura serta Berunai, ” sebut beliau.

Anak cucu cicit garis keturunan yang ada di negera Berunai kata Amir Ahmad,banyak diantaranya sebagai pejabat kerajaan negera Berunai Darussalam, begitu juga di Johor,Terengganu,Malaka dan Singapura.

Lanjut H.Amir Ahmad lagi,dalam waktu dekat ini kita akan gelar acara silaturahmi bersama anak cucu kerurunan sebagai pewaris kerajaan Siak Sri Indrapura yang ada di seluruh penjuru. Katanya.

Lanjut tokoh muda Dumai itu lagi, selama ini zuriat anak cucu cicit keturunan kerajaan Siak sri Indrapura yang ada dibeberapa tempat belum pernah berkumpul itulah sebabnya ” kita nantinya akan menggelar cara silaturahmi dan sekaligus mensosialisasikan kekhalayak orang ramai pewaris kerajaan Siak Sri Indrapura,” ujar pewaris keturunan raja ke 4 itu

Kita mohon dukungan dan doa dari masyarakat Riau khususnya orang orang Melayu, agar supaya nantinya rencana tersebut dapat berjalan lancar dan sukses sesuai dengan rencana. Harap beliau.

Diketahui, Ir.H.Amir Ahmad itu merupakan pewaris keturunan kerajaan Siak Sri Indrapura dari garis keturunan raja ke 4, Sultan Abdul Jalil Alamuddindan (1766- 1780) dan keturunan raja kelima Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muadzam Syah (1780-1782).

Diketahui Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muadzam Syah yang mendirikan kota Pekanbaru dan peninggalan beliau yang dikenal dengan mesjid pekenbaru. (aba)*